October 22, 2024
Suara Mengerikan Pohon Terbesar di Dunia Berhasil Direkam Ilmuwan

Suara Mengerikan Pohon Terbesar di Dunia Berhasil Direkam Ilmuwan

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

LONDON – Kini kita bisa mendengar bisikan salah satu makhluk hidup terbesar dan tertua di Bumi, dengan gemetar jutaan dedaunan bergema hingga ke akar-akarnya.

Hutan dengan satu pohon, yang dikenal sebagai Pando (“tersebar” dalam bahasa Latin), terdiri dari 47.000 pohon (semuanya dengan DNA yang sama) yang tumbuh dari satu sistem akar tunggal di lahan seluas 100 acre (40 hektar) di Utah.

Aspen yang bergetar ini ( Populus tremuloides ), dengan batang jantannya yang menonjol, perlahan-lahan tumbuh menjadi makhluk hidup yang berbobot 6.000 metrik ton, menjadikannya makhluk hidup terbesar di dunia berdasarkan massanya.

Setelah 12.000 tahun berada di Bumi, tanaman raksasa dengan batang setinggi 24 meter (80 kaki) ini tentu punya banyak manfaat. Dan rekaman yang dirilis tahun ini memungkinkan kita untuk “mendengar” dia dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

“Hasil ini menarik,” kata Lance Auditt, pendiri Friends of Pando, saat peluncuran proyek pada tahun 2023.

“Meskipun pada awalnya ini adalah sebuah bentuk seni, kami melihat peluang besar untuk menggunakannya dalam sains. Udara yang diubah menjadi getaran (suara) dan bergerak melalui akar juga dapat mengungkap cara kerja sistem hidrolik Pando yang luas dan rahasia dengan cara yang tidak merusak. “

Insinyur audio Jeff Rice mencoba menempatkan hidrofon dalam lubang di dasar dahan dan menghubungkannya ke akar pohon, namun tidak menyangka akan mendengar banyak suara.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link