October 22, 2024
Ilmuwan Temukan Cara Mematikan Rasa Takut dari Pusat Otak

Ilmuwan Temukan Cara Mematikan Rasa Takut dari Pusat Otak

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

LONDON – Ketakutan: perasaan yang bisa membuat bulu kuduk berdiri, membuat jantung berdebar kencang, dan membuat perut merinding. Perasaan ini bisa melumpuhkan, menjijikkan, tapi anehnya juga menyenangkan.

Namun, rasa takut juga merupakan emosi yang penting – sebuah respons naluriah terhadap bahaya yang meningkatkan peluang kita untuk bertahan hidup.

Namun, ketakutan tidak selalu bisa dibenarkan. Dalam kasus seperti gangguan kecemasan dan stres, respons rasa takut bisa berlebihan dan tidak sesuai dengan situasi, sehingga dapat membahayakan kesehatan mental dan kualitas hidup.

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh ahli saraf Hui-Quan Lee dari Universitas California, San Diego menemukan perubahan kimia otak dan sinyal saraf pada tikus yang mengalami ketakutan yang intens. Anehnya, mereka juga menemukan cara untuk menonaktifkannya.

Namun, ada kalanya rasa takut bukanlah respons yang tepat. Dalam kasus seperti gangguan kecemasan dan gangguan stres, respons rasa takut mungkin tidak proporsional dengan situasi atau lingkungan orang tersebut, sehingga sangat mengganggu kesehatan mental dan kualitas hidup.

“Hasil kami memberikan wawasan penting mengenai mekanisme yang terlibat dalam generalisasi rasa takut,” kata ahli neurobiologi Nicholas Spitzer dari University of California, San Diego, seperti dilansir Science Alert.

“Keuntungan dari memahami proses-proses ini pada tingkat detail molekuler adalah untuk memahami apa yang terjadi dan di mana, memungkinkan intervensi spesifik terhadap mekanisme yang mendorong gangguan terkait.” – dia bersikeras.

Meski rasa takut merupakan emosi yang normal, namun rasa takut yang berlebihan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Memahami cara kerja “peralihan” rasa takut ini dapat membantu kita mengembangkan cara yang lebih efektif untuk mengelola dan mengatasi rasa takut.

Penelitian ini masih dalam tahap awal, dan masih banyak yang perlu dipelajari mengenai “peralihan rasa takut” ini. Namun, temuan ini membuka kemungkinan baru untuk membantu orang yang berjuang melawan rasa takut dan cemas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link