October 22, 2024
Empat Kebiasaan Sehat yang Dipercaya Bisa Kurangi Risiko Kanker

Empat Kebiasaan Sehat yang Dipercaya Bisa Kurangi Risiko Kanker

0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Meski sebagian penyakit kanker disebabkan oleh faktor genetik, penelitian menunjukkan separuh kasus kanker disebabkan oleh faktor risiko kebiasaan yang dapat dicegah. Dokter menyarankan beberapa perubahan gaya hidup umum untuk mencegah kanker, seperti: Misalnya tidak merokok, mengonsumsi makanan bergizi, memakai tabir surya, dan membatasi paparan zat karsinogen.

Kini, para peneliti Mass General Brigham telah mengembangkan empat strategi spesifik yang didukung penelitian untuk mengurangi risiko kanker. Berikut rinciannya dilansir Fox News, Kamis (10 Maret 2024):

1. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Penundaan adalah salah satu alasan utama orang melewatkan pemeriksaan kanker. Misalnya, kanker kolorektal adalah penyebab kematian akibat kanker kedua terbesar di kalangan orang kulit hitam di Amerika Serikat, namun banyak di antara mereka yang tidak menjalani pemeriksaan yang direkomendasikan.

Adjoa Anyane-Yeboa, ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts (MGH), menemukan bahwa penundaan adalah alasan nomor satu orang melewatkan janji temu. Penundaan biasanya disebabkan oleh masalah keuangan, kekhawatiran akan Covid-19, dan ketakutan akan ujian.

“Pelajaran utama dari penelitian ini adalah semua penyedia layanan kesehatan harus mendiskusikan pemeriksaan kanker kolorektal secara rutin dengan semua pasiennya, karena deteksi dini melalui pemeriksaan dapat menyelamatkan nyawa,” kata Anyane-Yeboa.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Kurang tidur atau kurang tidur dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih tinggi. dr. Heming Wang, asisten profesor kedokteran di Brigham and Women’s Hospital (BWH), memimpin tim peneliti yang meneliti efek insomnia terhadap risiko kanker ovarium.

“Insomnia merupakan gangguan tidur yang umum terjadi pada pasien kanker ovarium. “Studi kami menemukan bahwa insomnia meningkatkan risiko subtipe kanker ovarium tertentu dan dikaitkan dengan penurunan kelangsungan hidup pasien,” kata Wang.

3. Jangan sembarang minum obat

Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lainnya dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. Namun, hal ini juga dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti pendarahan dan peradangan.

Menurut MGH, tidak seorang pun boleh menganggap remeh narkoba. Penting untuk mengetahui apakah mengonsumsi aspirin atau NSAID lainnya lebih mungkin menghasilkan efek samping yang bermanfaat atau berbahaya.

4. Kurangi minuman manis

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Cancer Society (ACS) menemukan bahwa pria dan wanita yang minum dua porsi atau lebih minuman manis setiap hari memiliki risiko 5 persen lebih tinggi untuk meninggal akibat kanker terkait obesitas. “Meskipun rasanya manis, minuman manis menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan. Para peneliti telah mengaitkan minuman ini dengan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung, kata Longgang Zhao, peneliti di Brigham and Women’s Hospital.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link