October 26, 2024
Mahasiswa Desak PPATK Bongkar Dugaan Aliran Dana Mencurigakan untuk Pemilu

Mahasiswa Desak PPATK Bongkar Dugaan Aliran Dana Mencurigakan untuk Pemilu

0 0
Read Time:2 Minute, 32 Second

Jakarta – Sejumlah orang yang mengatasnamakan Front Aksi Mahasiswa Penyelamatan PPATK (FAM PPATK) menggelar aksi unjuk rasa mendukung Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (FPATK) untuk mengungkap dugaan aliran dana ilegal pada Pilpres. Aksi tersebut digelar pada Senin, 15 Januari 2024, di halaman kantor PPATK, Jakarta Pusat.

Faisal, koordinator aksi, mengatakan pihaknya terkejut dan sedih dengan temuan tersebut di tengah kondisi perekonomian yang semakin sulit. Namun hal ini bertolak belakang dengan sebagian elite politik yang menganggap temuan tersebut sebagai hal biasa, bahkan ada yang menuduh PPATK hanya sekedar mencari-cari alasan. dan sensasi di tengah pemilu 2024.

Selain itu, kata Faisal, juga terdapat respons kontraproduktif dengan menuding pimpinan PPATK melakukan dugaan tindak pidana yang jelas-jelas bertujuan agar PPATK tidak berani lagi bersuara lantang dan jujur. operasi mencurigakan, serta merusak kepercayaan PPATK di hadapan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Front Aksi Pemuda Mahasiswa Penyelamatan PPATK (FAM PPATK) atas dukungan yang diberikan kepada pimpinan PPATK untuk tidak segan-segan membeberkan operasi gelap untuk mencegah massa dan pencuri mengambil uang negara. berada di bawah kendali negara,” kata Faisal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 16 Januari 2024.

PPATK FAM, jelas Faisal, mendukung pimpinan PPATK dalam memberantas transaksi mencurigakan untuk menyelamatkan Pilpres 2024 dari aliran dana ilegal atau tindak pidana.

“Kami mahasiswa dan pemuda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung PPATK. Selamatkan PPATK, selamatkan Indonesia, selamatkan uang rakyat pemilu presiden (pilpres) agar tidak dirusak oleh preman,” ujarnya.

Masyarakat hendaknya terus mencermati tindakan meragukan beberapa pihak yang bersikeras dengan cara berbeda untuk memenangkan Pilpres bersama PPATK dalam satu atau dua putaran, lanjutnya.

Faisal juga mengaku prihatin dengan pencemaran nama baik Presiden PPATK yang mengungkap kebenaran. Musnahkan segala operasi mencurigakan demi kepentingan bangsa dan negara. “Tenang saja PPATK, tenang saja. “Kami bersama Anda untuk menyelamatkan pemilu presiden dari aliran keuangan kriminal,” tambahnya

Faisal juga meminta aparat penegak hukum aktif memantau hasil PPATK dengan melakukan penyidikan secara adil, jujur, dan transparan hingga jelas.

“Bagaimana kita bisa menjamin pemerintahan yang baik dan bersih jika cara memperoleh kekuasaan menggunakan cara-cara brutal dan mendukung aliran dana kriminal,” tutupnya.

Sekadar informasi, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (FCRA) mengumumkan perkiraan aliran dana pada acara Refleksi Kerja CRAFC 2023 yang diselenggarakan pada Jumat, 12 Januari 2024. 

Temuan tersebut antara lain adanya klaim bahwa dana mengalir untuk pengembangan Proyek Strategis Nasional (NSP) namun malah masuk ke kantong pegawai negeri (SPO) dan politisi, dimana hanya 36,81% dana PSN yang masuk ke sub-aparatur. akun kontraktor.

Selain itu, ada temuan PPATK lain yang cukup mengejutkan, yaitu dana dari luar negeri mengalir ke rekening 21 parpol atau bendahara parpol sebesar Rp 195 miliar, kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, ada 21 orang. Dengan jumlah transaksi penerimaan aliran dana yang fantastis tersebut, rekening bendahara yang tercatat PPATK mencapai 9.164 transaksi. Pada tahun 2022 terdapat 8.270 operasi dari 21 partai politik, dan pada tahun 2023 jumlah tersebut meningkat menjadi 9.164. Simak cara Pertamina melatih mahasiswa memasuki dunia kerja melalui PT Pertamina (Persero). Patra Niaga memiliki metode berbeda dalam mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja. harfam.co.id.co.id 23 Oktober 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link