October 27, 2024
3 Resep Olahan Lobak, Jadi Hidangan Tradisional hingga Kue yang Lezat

3 Resep Olahan Lobak, Jadi Hidangan Tradisional hingga Kue yang Lezat

0 0
Read Time:3 Minute, 57 Second

harfam.co.id, Jakarta – Anda yang sering menonton drama Korea mungkin sudah tidak asing lagi dengan kimchi. Nah, lobak biasanya diolah menjadi kimchi (acar timun khas Korea Selatan). Namun lobak juga bisa diolah menjadi beragam masakan lainnya, mulai dari salad, tumisan, hingga pie.

Selain itu, lobak putih juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Lobak putih juga mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk perkembangan sel darah merah, sintesis DNA, dan pertumbuhan sel.

Nah buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya, simak dan bookmark resep praktis yang dirangkum Cookpad pada Jumat (21/6/2024) di bawah ini. Soto Soto lobak transparan

Resep yang dibuat oleh @nyoung_inong07 ini menggunakan bahan-bahan sebagai berikut: Bahan utama:

500 gr fillet dada ayam

1 lobak

1500 ml air. Bumbu. Bahan-bahan:

5 bawang merah

4 siung bawang putih

1/2 pala

3 cm jahe “Bumbu Aromatik” Bahan:

1 batang serai

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk Bahan bumbu cemplung :

2 sendok teh garam

2 sendok teh bubuk kaldu ayam

1 sendok teh gula pasir. Bahan untuk taburan:

Bawang merah goreng

Bawang perai

Seledri Cara memasak: Siapkan semua bahan yang diperlukan. Rebus dada ayam, buang busa coklat yang muncul agar kuahnya bening. Potong lobak menjadi irisan tipis memanjang dan rendam dalam air asin agar tidak menjadi pahit. Siapkan semua bahan dan bumbu. Campur bawang merah, bawang putih, jahe dan pala hingga rata. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai ke dalam rebusan ayam. Tambahkan campuran bumbu ke dalam rebusan ayam. Keluarkan daging dari ayam lalu potong-potong sesuai selera. Tambahkan irisan lobak, garam, kaldu dan gula. Aduk rata, jangan lupa sesuaikan rasanya. Masak hingga mendidih. Sup lobak bening siap dihidangkan panas.

Resep buatan @asriSuwasani ini menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

1/2 lobak

3 wortel

2 potong dada ayam marinasi

2 daun bawang + seledri (opsional)

3 lembar daun kubis

12 lembar kulit lumpia. bumbu cincang. Bahan-bahan:

3 bawang merah

3 siung bawang putih Sesuai selera:

Minyak sayur

Saus tiram

Kecap manis

Garam/kaldu bubuk

Gula pasir Cara pembuatan : Pertama siapkan semua bahan. Kupas dan cuci wortel, lobak, dan bawang bombay. Lalu cuci semua sayuran. Untuk marinasi ayam, anda bisa memotong ayam terlebih dahulu lalu marinasi atau sebaliknya. Potong halus lobak, wortel, kol dan daun bawang memanjang atau sesuai selera. Dalam wadah terpisah, cincang bawang putih dan bawang merah. Kami juga memotong fillet dada ayam. Panaskan sedikit minyak sayur dan goreng dua bawang bombay. Aduk hingga muncul aroma dan berubah warna. Lalu masukkan fillet dada ayam dan aduk rata. Tambahkan irisan wortel dan lobak secara bergantian. Lalu aduk hingga rata, tambahkan garam atau kaldu bubuk, saus tiram, kecap manis dan gula pasir. Aduk rata lagi. Tambahkan kubis parut dan aduk kembali. Jika layu, tambahkan daun bawang. Aduk hingga rata, jangan lupa sesuaikan rasa. Lalu, setelah bumbu meresap, matikan api. Oleskan isian lumpia dalam jumlah banyak di atas kulit lumpia. Kemudian lipat atau lipat lumpia seperti sedang melipat amplop dan lakukan hingga habis. Panaskan minyak sayur lalu masukkan lumpia. Goreng hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan, angkat dan sisihkan. Lumpia isi ayam dan lobak siap disantap.

Resep yang dibuat oleh @pawonbune_aas ini menggunakan bahan-bahan berikut:

400 gram lobak

2 siung bawang putih, cincang halus

2 sendok makan ebi, rendam air, tiriskan dan cincang

3 buah jamur shiitake kering, rendam air, tiriskan dan cincang

Daging asap cincang secukupnya

125 gram tepung beras

1 1/2 sendok makan tepung tapioka

200 mililiter air

1 sendok teh minyak wijen

Garam, gula pasir, merica bubuk dan kaldu bubuk secukupnya

Minyak sayur secukupnya. Ayam asin. Bahan-bahan:

100 gr fillet paha ayam

1 sendok teh bubuk kaldu

1 sendok teh gula pasir. Cara membuat: Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Bumbui ayam dengan kaldu bubuk dan gula pasir, aduk rata hingga tercampur, lalu diamkan beberapa saat. Parut lobak, lalu bilas dengan air mengalir dan tiriskan. Kami memotong ayam, bawang putih, jamur, ebi, dan daging asap. Panaskan wajan, masukkan minyak secukupnya. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan ebi dan jamur, goreng kembali hingga harum. Lalu masukkan ayam dan daging asap, masak hingga ayam matang. Setelah itu masukkan lobak, tambahkan garam, gula, merica, kaldu bubuk dan minyak wijen. Aduk rata dan masak hingga lobak melunak. Matikan kompor dan tutup panci. Campurkan tepung dengan air, aduk rata. Tempatkan di dalam panci. Nyalakan kembali api dan masak sebentar hingga tepung tercampur rata dan kental. Matikan kompor. Siapkan loyang. Oleskan margarin tipis-tipis lalu alasi dengan kertas roti atau kertas roti. Tuang adonan kue lobak ke dalam loyang atau loyang lalu ratakan. Kemudian olesi permukaannya dengan minyak sayur. Tutup kembali dengan kertas roti lalu kukus hingga matang (kurang lebih 45 hingga 60 menit). Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Potong lobak tart menjadi beberapa bagian lalu goreng dengan sedikit minyak hingga berwarna cokelat keemasan. Gunakan api sedang di atas kompor, yang biasanya kecil. Letakkan di piring dan sajikan dengan minyak cabai atau saus sesuai selera.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link