October 24, 2024
Tips Jaga Kesehatan Saat Memasuki Masa Pancaroba

Tips Jaga Kesehatan Saat Memasuki Masa Pancaroba

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Banyak tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatannya di masa transisi. Itu dibuat oleh dokter medis Dr. Hal itu dilaporkan kepada Ngabila Salama.

“Cuaca tidak bisa diprediksi seperti sekarang atau musim pancaroba, kalau mendekati musim hujan penyakit akan lebih sering muncul,” kata Ngabila di Jakarta, Minggu (7/7/2024).

Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan RSUD Taman Sari menginformasikan, penyakit yang banyak terjadi pada musim hujan adalah penyakit demam berdarah (DBD/DBD), karena potensi genangan air yang keluar dari area tertutup semakin meningkat. Contohnya pot tanaman, botol air, dan wadah air rumah tangga seperti bak mandi atau ember. 

Sedangkan jika cuaca kembali panas maka penyakit yang dapat menyerang masyarakat adalah Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Pneumonia khususnya pada anak-anak, dan Covid-19.

Lalu ada penyakit yang disebabkan oleh polusi udara akut, yaitu ISPA, pneumonia, serangan asma bahkan PPOK. Kalau kronis bisa menyebabkan penyakit kanker, hipertensi, diabetes, jantung, dan penyakit pembuluh darah lainnya, kata Lost.

Ngabila menyarankan, ketika cuaca tiba-tiba memanas dan polusi udara tinggi, masyarakat sebaiknya menggunakan masker KF94 atau KN95 untuk mencegah masuknya partikel PM 2,5 yang membahayakan kesehatan akut dan kronis ke dalam paru-paru. Pencegahannya bisa dilakukan dengan sering mencuci tangan dan menjaga jarak sosial saat berada di tempat umum.

“Harap diingat bahwa polusi udara membuat saluran pernapasan menjadi lebih sensitif sehingga lebih rentan terhadap penyakit, dan jika hal ini terjadi maka pemulihan akan sulit,” ujarnya.

Namun hal lain yang perlu diwaspadai adalah heatstroke atau sengatan panas. Masyarakat diminta meminimalkan aktivitas di luar ruangan saat suhu sedang tinggi, rajin memakai payung, kacamata hitam, tabir surya, dan pakaian berwarna terang sebagai pelindung diri.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk rutin minum air putih minimal tiga hingga empat liter atau sekitar 12 hingga 16 gelas setiap hari tanpa menunggu haus agar tubuh tetap terhidrasi.

Sedangkan bila musim hujan tiba, karena banyak genangan air di sekitar rumah, warga bisa mengembangkan konsep Sarang Lebah 3X10 (PSN) Pasukan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) setiap Jumat pagi.

Artinya pencegahan dilakukan setiap jam pukul 10 pagi dengan efek 10 menit, selama 10 minggu berturut-turut. Soal nutrisi, Ngabila berpendapat mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air seperti semangka, apel, pir, dan apel, selain minum air putih, lebih bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air tubuh.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link