harfam.co.id, Jakarta PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan PT ASABRI (persero) pada Kamis, 8 Agustus 2024. Dalam rapat koordinasi tersebut, ada beberapa hal penting yang dibicarakan kedua belah pihak. Tujuannya untuk meningkatkan sinergi sekaligus meningkatkan kualitas layanan pensiun ASABRI.
Pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2024 telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Pos Indonesia dan ASABRI di Hotel Four Points Surabaya. Dewan dan manajemen kedua belah pihak menghadiri pertemuan tersebut.
CEO Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi hadir bersama Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Harris, Vice President Bisnis Pemerintah dan Korporasi Pos Indonesia Hendra Sari serta pejabat lainnya. Perwakilan ASABRI yaitu Khaidir Abdurrahman, Direktur Hubungan Kelembagaan ASABRI.
Direktur Hubungan Kelembagaan ASABRI Khaidir Abdurrahman menyambut baik rapat koordinasi dengan Pos Indonesia dalam sambutannya. Ia menilai, rakor tersebut merupakan wujud nyata kolaborasi keduanya untuk terus memenuhi amanah pemerintah dalam penyelenggaraan pembayaran pensiun ASABRI.
Bentuk kerjasamanya dituangkan dalam perjanjian kerjasama pembayaran manfaat jaminan sosial peserta ASABRI dan pengelolaan data penerima fasilitas kredit, kata Khaidir. Memperkuat sinergi
Pos Indonesia dan ASABRI semakin mengikat kerjasamanya dengan Perjanjian Kerja Sama (CPA). Adanya kesepakatan PKS akan semakin memperkuat sinergi dan kerja sama, serta kejelasan mekanisme kerja dan koridor kerja kedua negara.
“Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk memberikan petunjuk kepada para pihak dalam memenuhi hak dan kewajiban yang telah disepakati. Kedepannya kontrak ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dalam rangka pembayaran dan pelaporan manfaat jaminan sosial sesuai dengan standar pelayanan ASABRI yaitu 5T (Tepat Waktu, Tepat Alamat, Tepat Orang, Tepat Nomor dan Tepat Administrasi),” lanjutnya. .
Sejauh ini kerjasama ASABRI dan PosIND berjalan cukup baik. Kedua belah pihak telah melakukan beberapa upaya dan langkah inovatif. Salah satunya adalah penawaran Star App dari ASABRI yang membantu kelancaran proses pembayaran.
“ASABRI dalam hal ini menyediakan aplikasi pendukung yaitu ASABRI Star yang menggunakan teknologi biometrik sebagai proses verifikasi dan verifikasi untuk memastikan bahwa para pensiunan masih hidup dan berhak menerima pembayaran pensiun berdasarkan data wajah,” jelas Khaidir.
Sebagai mitra ASABRI, Pos Indonesia mendukung proses persetujuan. BUMN yang dikenal dengan brand Pos IND turut membantu mendaftarkan wajah para pensiunan ASABRI.
Untuk itu diperlukan kerja sama yang baik dan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada ASABRI, ujarnya.
Sementara itu, Dirjen Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengucapkan terima kasih telah terselenggaranya rapat koordinasi dengan ASABRI. Mengangkat tema “Sinergi Pelayanan: Melindungi dan Meningkatkan Kepuasan Pensiunan ASABRI”, jelasnya, tujuan rakor ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pencairan dana pensiun.
“Hal ini mencerminkan komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memastikan setiap pensiunan ASABRI mendapatkan perlindungan terbaik dan kepuasan maksimal,” kata Faisal dalam sambutannya.
Menurut Faisal, rapat koordinasi ini sendiri sangat penting dan strategis karena rapat yang intensif pasti akan membawa hal positif.
“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat kerja sama, memperdalam pemahaman dan mengembangkan rencana aksi yang akan membawa manfaat signifikan bagi para pensiunan kita. Dengan kekompakan dan komitmen yang besar, kita dapat mencapai tujuan tersebut dan memberikan pelayanan terbaik yang “pantas diterima oleh para penerima manfaat”, kata Faisal.
Sementara itu, Hendra Sari, Senior Vice President Government and Corporate Business Pos Indonesia, mengungkapkan beberapa agenda dan beberapa hal penting yang akan dibahas dalam rapat koordinasi ini. Mulai dari strategi dan solusi untuk mengatasi tantangan hingga menemukan cara inovatif untuk meningkatkan dan meningkatkan layanan Anda.
“Kami berharap dengan rakor ini kita dapat bertukar informasi, memperkuat kerja sama dan merumuskan langkah-langkah strategis yang diperlukan,” kata Hendra.
Program yang akan disampaikan antara lain Evaluasi Kinerja Pelayanan PosIND Manfaat Pensiun Semester I-2024, informasi perkembangan Pelayanan PosIND Manfaat Pensiun, sesi sharing dan diskusi, serta kesimpulan rapat koordinasi.
Hendra juga berharap seluruh peserta dapat berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi konstruktif agar hasil pertemuan ini sesuai dengan harapan dan kebutuhan bersama. “Kami berharap diskusi yang kami lakukan selama ini dapat menghasilkan solusi yang tepat dan menguntungkan semua pihak,” ujarnya.
Sejauh ini sinergi PosIND dan ASABRI dalam memberikan layanan pembayaran pensiun terealisasi dengan cukup baik. Perekrut Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Harris menunjukkan bahwa kinerja Perekrut Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Harris cukup memuaskan berdasarkan kinerja PosIND dalam Layanan Pembayaran Pensiun ASABRI per Juli 2024.
Salah satunya, layanan antar pensiun. Pada layanan ini PosIND melaksanakan layanan ini untuk 4204 penerima manfaat yang dilakukan oleh 125 KCU dan KC.
Pemutakhiran data NIK dan NPWP juga dinilai memuaskan. Sejauh ini sudah dilakukan pemutakhiran data sebanyak 105.947 kali, artinya sudah mencapai 79 persen.
Harris kemudian juga menjelaskan jumlah pensiunan per Juli 2024. Ia mengatakan, jumlah pensiunan di atas 65 tahun sangat tinggi yaitu 102.921 atau 77 persen, sehingga populasi pensiun baru perlu ditambah untuk menyeimbangkan rentang usia di bawah 65 tahun.
“Kami ingin menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang efektif di antara kita semua.” Sinergi yang baik antara Pos Indonesia dan ASABRI akan memudahkan pencapaian tujuan strategis dan operasional kami serta meningkatkan efisiensi layanan yang kami berikan,” kata Harris.