Ahli Beberkan Ciri-ciri Fisik Penyebab Sindrom Havana

Read Time:1 Minute, 20 Second

TEXAS – Dua penelitian baru mengenai sindrom Havana tidak menemukan penyebab fisik. Namun sekelompok ahli menemukan karakteristik fisik berhubungan dengan kesehatan mental.

Sejak tahun 2016, lebih dari 1.000 pegawai pemerintah AS di seluruh dunia melaporkan mendengar suara bising dan tekanan yang tiba-tiba di kepala mereka, diikuti dengan gejala sakit kepala, rasa malas, dan kelemahan mental.

Sejak kondisi kesehatan yang tidak biasa ini (AHI) pertama kali dilaporkan oleh pegawai pemerintah yang tinggal di Havana, Kuba, penyakit Havana telah menjadi istilah yang digunakan di media untuk menggambarkan penyakit tersebut.

Peneliti Amerika yang dipimpin oleh National Institutes of Health (NIH) melaporkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan dalam pemindaian otak dan tes biologis lainnya antara orang dengan sindrom Havana dan kontrol yang sehat.

Meskipun hasil penelitian ini tidak menjelaskan penjelasan biologis atas gejala-gejala tersebut, para penulis mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menafsirkan temuan tersebut.

“Kurangnya bukti perbedaan yang terdeteksi MRI antara subjek dengan AHI dan kontrol tidak mengesampingkan efek negatif pada otak selama AHI,” kata ahli saraf NIH Carlo Pierpaoli, penulis pertama salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Alert. Pada Minggu (24/03/2024).

“Orang dengan AHI mungkin mengalami efek dari kejadian yang menyebabkan gejalanya, namun cedera tersebut tidak menyebabkan perubahan neuroimaging jangka panjang seperti yang terlihat setelah cedera traumatis atau stroke.”

“Mudah-mudahan hasil ini akan mengurangi kekhawatiran bahwa AHI dikaitkan dengan perubahan neurodegeneratif negatif di otak.”

Para peneliti memeriksa berbagai pemindaian MRI untuk mengukur ukuran, struktur, dan fungsi otak pada 81 peserta yang didiagnosis dengan AHI dan membandingkannya dengan 48 kontrol sehat, 29 di antaranya dicocokkan aktivitasnya meskipun AHI tidak disebutkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Nagita Slavina Berbagi Makanan Bekas Gigitannya, Dokter Ungkap Cara Hormati Orang Lain
Next post Antisipasi Aritmia dan Henti Jantung Saat Mudik Lebaran dengan 3 Hal Ini