December 21, 2024
Akuisisi Anak Usaha Merpati Nusantara 7,6 Juta Euro, Çelebi Aviation Bakal Digitalisasi Layanan Ground Handling di 26 Bandara

Akuisisi Anak Usaha Merpati Nusantara 7,6 Juta Euro, Çelebi Aviation Bakal Digitalisasi Layanan Ground Handling di 26 Bandara

0 0
Read Time:4 Minute, 7 Second

harfam.co.id, Jakarta – Çelebi Aviation telah mengakuisisi PT Prathita Titiannusantara (PTN), yang bergerak di bidang layanan ground handling, kargo, dan pergudangan. Perusahaan Turki ini sedang dalam tahap awal menginvestasikan EUR 7,6 juta (sekitar Rp 134 miliar) dalam akuisisi PTN, yang mengoperasikan layanan ground handling di 26 bandara di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Direksi Celebi Aviation Holding Canan Celebioglu mengatakan pengumuman ini dilakukan sehubungan dengan ulang tahun perusahaannya yang ke-66. Indonesia adalah negara keenam tempat Celebi aktif, setelah Turki, Jerman, Hongaria, India, dan Tanzania, dengan hampir 20.000 karyawan di seluruh dunia.

“Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang menjanjikan karena keanekaragaman budayanya yang sangat kaya. Bantu lanskap penerbangan dan jadikan travel partner yang terpercaya saat ini,” ujarnya dalam pidato di Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024.

Dave Dorner, Group CEO Çelebi Aviation, mengatakan dengan akuisisi PTN, tidak butuh waktu lama bagi grupnya untuk mulai beroperasi di Indonesia. Fokus awal pihaknya adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan ground handling, kargo dan pergudangan di 26 bandara Indonesia yang sebelumnya dimiliki PTN.

“PTN memiliki sejarah panjang dalam menyediakan layanan ground handling. Namun, kami tidak menutup kemungkinan untuk memperluas ke lounge, kargo penumpang, dan layanan lainnya ketika ada peluang dan berkontribusi pada ekosistem ini,” kata Dave.

Pihaknya akan mempercepat digitalisasi layanan dengan menggunakan teknologi yang mereka miliki. “Perusahaan kami merupakan pusat hub bagi berbagai pemangku kepentingan, seperti maskapai penerbangan, bea cukai, dan penumpang. Berkat teknologi modern terkait digitalisasi, seluruh kegiatan ini menciptakan pelayanan yang utuh, berkesinambungan dan tanpa adanya perpecahan,” lanjutnya.

 

Dave mengatakan digitalisasi dapat membuat layanan bandara menjadi lebih ramah lingkungan karena emisi CO2 dapat dikurangi. Selain itu, tren modern dalam pelayanan bandara semakin membutuhkan teknologi informasi yang sangat canggih. Pekerjaan yang tadinya dilakukan secara manual kini beralih ke sistem yang terintegrasi, karena hasilnya berorientasi pada pelanggan.

“Ini akan dikerahkan dan diterapkan (di 26 bandara) paling lambat 1,5 tahun ke depan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya menginvestasikan waktu, uang, dan tenaga untuk pelatihan SDM di Indonesia pada tahap awal. Melalui Celebi Academy, mereka akan melatih karyawan di Indonesia dalam penggunaan berbagai teknologi secara online, seperti kecerdasan buatan dan virtual reality. Modul pelatihan yang tersedia kini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami.

“Indonesia telah memiliki mitra ground handling yang dapat diandalkan pada periode tertentu. Kami dapat mengidentifikasi kesenjangan yang ada dan mengatasinya dalam rangka mentransformasi ekosistem tersebut,” kata Dave.

“Dari sudut pandang ini, bukan berarti kita sudah mengetahui segalanya dan akan mengubah segalanya, karena sudah ada ahli tanah yang baik, harus ada metode, reputasi, karyawan, manusia, dan peralatan yang sangat baik. Tapi kami ingin mengangkatnya bersama ekosistem Indonesia, teknologi yang belum ada di sini,” imbuhnya.

Murali Ramachandran, presiden Celebi Aviation untuk India dan Asia Tenggara, menambahkan bahwa digitalisasi layanan ground handling di bandara dicapai melalui penggunaan geo-tagging dan geo-maps. Dave mengatakan penggunaan kedua teknologi tersebut, yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), tidak akan sepenuhnya menggantikan peran manusia.

“Tetapi tingkatkan kualitas karyawan untuk memastikan pekerja berkualitas dan merampingkan interaksi kompleks antara berbagai pihak seperti maskapai penerbangan, bandara, dan pihak berwenang. Kalau tidak ada transparansi, sulit sekali melihat kesalahan dan cara memperbaikinya,” ujarnya. Daaf.

Murali juga mengatakan pemanfaatan teknologi, termasuk kecerdasan buatan dan virtual reality, di sektor penerbangan tidak akan mentransformasikan sektor padat karya. Ia meyakinkan, mereka tetap membutuhkan tenaga kerja untuk menghasilkan output yang maksimal.

“Kami telah diperkenalkan dengan teknologi seperti autentikasi wajah, namun hal tersebut tidak akan benar-benar mengubah industri… Kami tidak berbicara tentang intervensi semacam ini, kami berbicara tentang menciptakan hasil yang membuat hidup lebih mudah dan pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi dan memahaminya.” ini,” katanya.

Dia mencontohkan kasus di India. Ketika Celebi masuk ke India, mereka hanya mempekerjakan 700 orang, namun sekarang jumlah tersebut meningkat menjadi 9.000 dan mengelola sembilan bandara di India, katanya. Artinya, tidak ada pengurangan tenaga kerja, tapi ada peningkatan, ujarnya.

Daftar 26 bandara yang akan dioperasikan Celebi Aviation:1. Ambon

2.Banjarmasin

3.Bandung

4. Balikpapan

5. Batam

6.Chengkareng

7. Jambi

8.Jayapura

9.Halim

10. Yogyakarta

11. Kertajati

12.Kuala Namu

13.Kupang

14.Lombok

15.Manado

16. Padang

17. Pangkal Pinang

18.Pekanbaru

19.Palembang

20. Palu

21. Pontianak

22. Dorong

23.Semarang

24.Surabaya

25. Tanjung Karang

26. Tepi terlihat

 

Bandara Internasional Kansai di Jepang merayakan tonggak sejarah besar: tidak ada bagasi yang hilang dalam 30 tahun. Bandara ini juga menerima penghargaan Bandara Terbaik Dunia untuk Pengiriman Bagasi 2024 dari Skytrax.

“Kami percaya bahwa rekor nihil bagasi yang hilang sejak pembukaan bandara adalah hasil upaya sehari-hari dan kerja hati-hati dari semua pihak yang terlibat, termasuk maskapai penerbangan dan perusahaan penanganan,” kata pihak bandara dalam siaran persnya, mengutip Nypost Com, Senin. . 27 Mei 2024

Terletak di Osaka, Bandara Kansai pertama kali dibuka pada tahun 1994 dan melayani antara 20 dan 30 juta penumpang setiap tahunnya. Penghargaan yang telah diterima bandara sebanyak delapan kali ini didasarkan pada waktu tunggu pengambilan bagasi, efisiensi pengiriman bagasi, dan respons kehilangan bagasi. 

Pada tahun fiskal 2023, Bandara Kansai menangani sekitar 10 juta bagasi. “Penyaringan multi-level” yang membuat rekam jejak Bandara Kansai begitu sukses melibatkan dua atau tiga karyawan yang meninjau jenis dan jumlah bagasi untuk setiap pesawat, serta informasi transportasi penumpang.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link