Anak-Anak Lebih Rentan Terkena Infeksi Telinga, Cari Tahu Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Read Time:1 Minute, 23 Second

harfam.co.id, Jakarta – Infeksi telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, salah satu penyebabnya sering disebut otitis media akut. Kondisi yang melibatkan infeksi pada telinga tengah, yaitu ruang berisi udara di belakang gendang telinga yang berisi tulang-tulang kecil telinga, lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Ketika infeksi telinga terjadi, saluran sempit yang menghubungkan telinga tengah ke bagian belakang tenggorokan (saluran Eustachius) dapat membengkak dan tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lendir di telinga tengah, yang dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan gejala infeksi telinga.

Menurut Mayo Clinic, pengobatan infeksi telinga sering kali dimulai dengan mengatasi rasa sakit dan memantau perkembangan masalahnya. Meskipun sebagian besar infeksi telinga dapat sembuh dengan sendirinya, dalam beberapa kasus, antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang lebih serius.

Gejala infeksi telinga pada anak antara lain sakit telinga, telinga sering berdenging, sulit tidur, kehilangan keseimbangan, demam, dan keluarnya cairan dari telinga. Sedangkan pada orang dewasa, gejalanya berupa sakit telinga, keluarnya cairan dari telinga, dan gangguan pendengaran.

Infeksi telinga umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus di telinga tengah, yang sering dikaitkan dengan penyakit seperti pilek, flu, atau alergi yang menyebabkan hidung tersumbat dan pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan, dan saluran Eustachius.

 

 

Pencegahan infeksi telinga pada anak dapat dilakukan dengan menghindari paparan angin dan penyakit lainnya, mengajarkan anak tentang kebersihan diri, membatasi waktu di tempat penitipan anak dan memberikan bayi ASI minimal enam bulan. Vaksinasi dengan konsultasi medis juga dapat menjadi langkah preventif.

Penting untuk selalu memeriksa gejala infeksi telinga, terutama jika gejalanya berlangsung lama, terjadi pada anak di bawah enam bulan, atau disertai masalah serius seperti pendarahan pada telinga. Konsultasi segera dengan dokter diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang tepat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tulus Hipnotis Ribuan Penonton di Acara KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024
Next post Konser Musisi Internasional Makin Marak di Indonesia, Digitalisasi Perizinan Event Diharapkan Segera Diresmikan