Apa itu Dabbah? Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat

Read Time:1 Minute, 36 Second

JAKARTA – Menarik untuk mengetahui hewan Dabbah yang sering dikaitkan dengan hari kiamat. Bagi sebagian masyarakat khususnya umat Islam, hewan ini biasanya diakui sebagai pertanda kehancuran alam semesta atau kiamat.

Di berbagai agama atau kepercayaan di dunia, mereka mempercayai adanya Hari Akhir atau Hari Kebangkitan. Termasuk mereka yang menganut Islam di dunia.

Seperti agama lainnya, umat Islam meyakini beberapa tanda bahwa akhir dunia sudah dekat. Salah satunya tentang penampakan makhluk hewan mengerikan bernama Dabbah.

Jadi apa sebenarnya Dabbah itu? Simak ulasannya di bawah ini untuk melihat lebih dekat dirinya, si monster kiamat

Dabbah sering disebut sebagai jenis reptil yang muncul dari dalam tanah. Suatu pemikiran pernah mengatakan bahwa Arab Saudi berasal dari Mekkah.

Menurut kepercayaan umat Islam, Dabbah ini suatu saat akan bisa berbicara dengan orang lain. Mengenai kemunculannya sebelum kebangkitan, berbagai hadis shahih telah dikutip.

Reptil secara umum dapat merujuk pada sekelompok hewan melata seperti ular, kadal, buaya, dll. Namun menurut para ilmuwan dan komentator, hewan yang diyakini muncul sebelum akhir dunia ini berbeda dengan spesies reptil yang dikenal saat ini.

Adapun ciri-cirinya, ada beberapa sumber populer yang cenderung didengarkan umat Islam. Misalnya menurut Ibnu Abbas, Dabbah adalah seekor reptil berbulu yang berkaki empat dan berlari secepat kuda pacu.

Sementara itu Abu Maryam mendengar Abu Hurairah berkata bahwa Dabba mempunyai bulu yang berbeda-beda. Semua warna ada pada bulunya, dan jarak ujung tanduk yang satu ke ujung yang lain adalah farsak (begitu jauhnya).

Lebih lanjut Ibnu Abbas menambahkan, bentuk Dabba ini menyerupai tombak yang sangat besar. Saking besarnya, selama tiga hari sepertiga tubuhnya tidak keluar (dari tanah).

Diriwayatkan oleh Ibnuz Zubair, Ibnu Jurayj menggambarkan Dabba berkepala lembu, bermata babi, bertelinga gajah, bertanduk rusa, berleher burung unta (panjang) dan berdada singa. . dadanya seperti warna macan tutul, pinggangnya seperti kucing hutan, ekornya seperti domba, dan kakinya seperti unta. Selain itu, ia kemudian membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman.

Demikianlah gambaran hewan Dabbah yang dikaitkan dengan hari kiamat bagi umat Islam.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Siasat Hibank Dukung UMKM, Salurkan Modal Kerja hingga Digitalisasi
Next post Ketua IDAI: Keterlibatan Ulama Jadi Hal Penting dalam Kampanye Imunisasi