Apakah Remaja Boleh Menggunakan Skincare? Inilah Cara Memilih dan Menggunakannya

Read Time:4 Minute, 14 Second

harfam.co.id, Malang Di awal masa remaja, kulit kerap menghadapi masalah akibat perubahan hormonal, seperti jerawat, komedo, warna kulit tidak merata, minyak berlebih, atau kulit kering dan dehidrasi. Oleh karena itu, penggunaan produk perawatan kulit menjadi penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa mulai menggunakan produk perawatan kulit sejak usia remaja sekitar 14 tahun, pilihlah produk yang lembut untuk perawatan kulit. Bagi remaja yang mulai merawat kulitnya, disarankan untuk menggunakan kosmetik dasar terlebih dahulu. Setelah Anda terbiasa dengan perawatan kulit dasar, Anda bisa mencoba produk perawatan kulit yang lebih canggih.

Jika Anda masih belum mengetahui cara menggunakan perawatan kulit, artikel di bawah ini bisa memberikan beberapa tips bermanfaat!

Skincare menawarkan beragam pilihan dengan formula yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit individu. Namun sebelum memilih produk perawatan kulit, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar produk perawatan kulit tersebut dapat memberikan hasil terbaik.

Pertama, pastikan perawatan kulit dasar Anda tepat. Langkah-langkah dasar ini penting untuk mencegah masalah kulit. Perawatan kulit dasar melibatkan beberapa langkah: Gunakan air misel atau pembersih untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit. Gunakan pelembap atau pelembab minimal dua kali sehari. Jika Anda menggunakan riasan, pelembap juga bisa digunakan untuk mempersiapkan kulit agar riasan Anda terlihat semakin sempurna. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Gunakan tabir surya setiap pagi sebelum pergi keluar dan gunakan kembali tiga kali sehari jika memungkinkan.

Setelah menggunakan perawatan kulit dasar dengan benar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan perawatan kulit tambahan, terutama jika Anda memiliki masalah kulit tertentu. Produk perawatan kulit komplementer ini bertujuan untuk meningkatkan perawatan kulit dengan berbagai bahan yang disesuaikan dengan permasalahan kulit.

Meski menggunakan perawatan kulit komplementer bersifat opsional, Anda bisa mencoba produk secara bergiliran. Jika kulit Anda tidak bereaksi negatif, Anda bisa terus menggunakan produk perawatan kulit tambahan seperti serum, masker wajah, toner, dan ampul.

Berbeda dengan perawatan kulit dasar yang bisa digunakan sehari-hari dan mudah dipadukan dengan produk lain, perawatan tambahan memiliki beberapa aturan yang harus diperhatikan untuk mengurangi risiko reaksi kulit. Kegunaan Serum: Serum tersedia dalam berbagai jenis tergantung pada bahan yang digunakan. Jika serum mengandung retinol atau AHA/BHA, sebaiknya tidak digunakan setiap hari, melainkan hanya pada malam hari. Hindari juga penggunaan serum dengan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide atau vitamin C, karena dapat menyebabkan reaksi pada kulit. Penggunaan masker: Anda bisa menggunakan masker 2-3 kali seminggu, biasanya pada malam hari. Toner dan Ampoule: Penggunaan Toner dan Ampoule dapat disesuaikan dengan jadwal perawatan kulit Anda.

Jenis kulit kering, berminyak, dan sensitif berbeda-beda. Jadi, sebelum membeli suatu produk perawatan kulit, perhatikan komposisi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jenis kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, disarankan memilih produk perawatan yang mengandung asam salisilat dan minyak pohon teh untuk mengontrol produksi sebum. Produk gel juga bisa menjadi pilihan yang baik. Selain itu, kedua bahan ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jenis kulit kering

Bagi orang dengan kulit kering, pelembab seperti pelembab, oklusif, dan emolien direkomendasikan. Humektan seperti urea, gliserin, dan asam hialuronat, emolien seperti asam lemak, minyak nabati, dan mentega, serta emolien seperti trigliserida, ceramide, kolesterol, dan asam linoleat dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Jenis kulit sensitif

Untuk kulit sensitif, pilihlah produk perawatan yang mengandung ceramide. Ceramide akan melindungi kulit dari iritasi, mengurangi kemerahan dan menjaga kelembapan kulit. Selain ceramide, pertimbangkan juga produk perawatan yang mengandung asam lemak, niacinamide, shea butter, squalane, dan asam hialuronat. Pilihlah produk dengan label hipoalergenik untuk memastikan tidak mengandung pewangi atau bahan lain yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif.    

Kulit berminyak lebih rentan berjerawat. Untuk mengurangi visibilitasnya, pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung: – Niacinamide: mengatur produksi sebum. Tea Tree Oil: Melawan bakteri penyebab jerawat. Asam Salisilat: Membuka pori-pori yang tersumbat untuk menghilangkan komedo dan jerawat, serta memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan.

Jika Anda menderita jerawat, pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung bahan menenangkan seperti lidah buaya dan centella asiatica.

Kulit pucat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Jika Anda mengalami masalah ini, pilihlah produk perawatan kulit yang mengandung pencerah atau vitamin C.

Vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin dan meratakan warna kulit. Namun, jika Anda tidak toleran terhadap vitamin C, bahan pemutih lain seperti alpha-arbutin atau niacinamide bisa menjadi pilihan alternatif.

Bagi pemula yang ingin menggunakan perawatan kulit, bisa memulainya dengan produk perawatan kulit dasar seperti pelembab, pembersih, dan tabir surya. 

 

Umumnya hasil mencerahkan kulit mulai terlihat dalam waktu 6-8 minggu setelah serangkaian perawatan kulit yang konsisten dan teratur.

Saat anak memasuki masa pubertas dan mengalami masalah pada kulit wajahnya, hal ini merupakan hal yang wajar. Biasanya, ini terjadi antara usia 12 dan 17 tahun. Nah, di usia ini, para ibu sudah bisa mulai mengenalkan perawatan kulit pada bayinya.

Merawat kulit dengan produk perawatan kulit esensial merupakan hal yang penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Meski terdengar sederhana, setiap langkah perawatan kulit dasar memiliki peran dalam membersihkan, melindungi, dan merawat kulit dengan baik.

Regenerasi sel kulit berlangsung mulai pukul 23.00 hingga 04.00. Jadi pastikan Anda menggunakan produk perawatan terlebih dahulu.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jadi Bridesmaid Mahalini, Intip Potret Anggun Tiara Andini, Ziva Magnolya, Keisya Levronka dan Aaliyah Massaid Berkebaya
Next post Tolak Dilamar 7 Pria, Dinar Candy: Belanja Aku Sadis! Takut jadi Beban