Apresiasi Perempuan Inspiratif, TRAH Rilis Lagu di Momen Hari Kartini 2024

Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – TRAH kembali merilis karya untuk Hari Kartini 2024. Lagu ‘Perempuan’ ciptaan Sita Rahayu, Mahardhika Soekarno dan Trio Vijaya dinyanyikan oleh beberapa penyanyi wanita yakni Sita Rahayu, Thika. Bizono, Astrid Basjar, Aureli Moermans, Wirza Orel, Sianelle dan Nindy Azmey sebagai bentuk apresiasi terhadap perempuan Indonesia masa kini yang bergerak nyata, berkarya, mewujudkan impian, menyampaikan ide-ide kreatif, berbagi pemikiran bermanfaat dan menyumbang prestasi di segala bidang.

TRAH sendiri merupakan proyek kolaborasi nirlaba sukarela dari sekelompok seniman yang mengubah nasionalisme menjadi gaya hidup melalui gerakan dan musik. Hingga saat ini TRAH telah merilis karya-karya di hari libur nasional yang menjadi momen bersejarah, dengan harapan agar anak bangsa saling mengingatkan sejarah dan menambah rasa cinta tanah air. Sebagaimana disebutkan dalam karya-karya TRAH sebelumnya, masing-masing bertajuk “Untuk Indonesia Raya”, “Sumpah Pemuda”, “Pancasila” dan “Nusantara”.

Nanda Persada selaku salah satu penggagas TRAH mendapat pengalaman tak terlupakan saat mengajak beberapa penyanyi untuk bergabung dalam proyek “Perempuan”. Di luar dugaan, banyak orang yang antusias dengan proyek ini karena tema, lirik, dan aransemen musiknya yang bagus dan catchy, namun banyak pula yang tidak bisa menyaksikannya karena keterbatasan waktu dan jadwal beberapa penyanyi.

“Saya sangat terkesan, ternyata banyak musisi-artis di Indonesia yang menyukai merah putih dan bersedia berpartisipasi tanpa ada unsur komersil,” kata Nanda Persada.

Mahardhika Soekarno selaku produser sekaligus komposer, pengarah musik dan arranger mengundang musisi-musisi yang tergabung dalam 45Movement untuk mengisi bagian musikal lagu “Perempuan”.

Untuk mempertegas tema tersebut, ada sedikit kejutan yaitu di akhir lagu “Perempuan” ditambahkan cuplikan “Melati Suchi” karya Guruh Soekarno Putra yang juga dinyanyikan oleh penyanyi asli Tika Bisono.

Memang suatu kehormatan dan keistimewaan bisa menyanyikan ‘Perempuan’, kata Tika.

Dalam video musiknya, terlihat cuplikan perjuangan perempuan Indonesia di segala lapisan masyarakat. Ada pula adegan ampunan dan pembagian bunga di makam mendiang Ibu Negara Fatmavati yang memasang bendera merah putih.

45Movement merupakan label rekaman atau wadah bagi para musisi yang ingin memproduksi musik dengan sistem kolaboratif, mulai dari pembagian royalti kepada pencipta lagu dan semua orang yang terlibat dalam proses produksinya. seniman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kesuksesan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Harus Jadi Pijakan untuk Siapkan Kompetisi Berjenjang
Next post Kabar Gembira, Kini Varises Dapat Diobati dalam Waktu Satu Jam