Baojun Yep Plus, SUV Listrik Murah Meriah dari Tiongkok

Read Time:2 Minute, 25 Second

harfam.co.id, Jakarta – Baojun yang merupakan sub-brand dari joint venture SAIC-GM-Wuling baru-baru ini merilis SUV listrik bernama Yep Plus di China. Desain mobil listrik ini terinspirasi dari Suzuki Jimny 5 pintu namun dibuat lebih modern.  

Mobil ini ditawarkan dengan harga relatif murah yakni 93.800 yuan atau setara Rp 209,6 juta dan 103.800 yuan atau Rp 232 juta untuk tipe termahal.

Harga mobil listrik di China sangat murah, karena pemerintah memberikan insentif pajak. Jika belanja sebesar itu di Indonesia, Anda hanya akan mendapatkan kelas LCGC atau city car.

Selain itu, Baojun Yep Plus diposisikan sebagai SUV kecil elektrik murni yang mengusung arsitektur Tianyu.

Memiliki panjang 3.996 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.726 mm dengan wheelbase 2.560 mm. Ground clearance 150 mm, radius belok 5,35 m, dan bobot total 1.325 kg.

Untuk performa berkendara. Yep Plus ditenagai oleh dinamo penggerak roda tunggal (FWD) yang dipasang di depan. Menurut pabrikannya, jantung listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 kW (PS) dan torsi puncak 180 Nm.

Sumber tenaganya adalah baterai litium besi fosfat 41,9 kWh yang dipasok oleh Guoxuan High-Tech. Menurut Baojun, kecepatan maksimumnya mencapai 150 km/jam dan jangkauan (CLTC) sekitar 401 km. 

Ini sangat ideal untuk berselancar dan mobilitas perkotaan. Pengisian cepat (pengisian cepat DC) dan pengisian lambat tersedia. Dengan pengisian cepat, dibutuhkan waktu 35 menit untuk mengisi ulang baterai dari 30 persen hingga 80 persen.

Baojun Yep Plus didukung empat mode berkendara untuk memenuhi preferensi pengemudi. Ada ekonomi +, ekonomi, standar dan olahraga. 

Seperti yang Anda lihat, Baojun Yep Plus melanjutkan desain Baojun Yep (tiga pintu). Keduanya menggunakan bahasa desain Square Box+ dengan lima pintu.

Lalu format layout empat tempat duduk yang memberikan efek off-road nyata. Wajah depan tanpa ventilasi udara.

Sebaliknya, ia dihiasi dengan panel hitam dan memiliki lampu depan LED di kedua sisinya. Bempernya juga mirip dengan Suzuki Jimny. Bagian fender dan peleknya sengaja dilapisi warna hitam agar terlihat garang. 

Elemen desain penting lainnya termasuk atap gantung, roof box, pelek palang lima 16 inci, dan lampu belakang bulat retro. Selain itu, desain kotak luar di bagian belakang telah dihilangkan.

Sebagai gantinya, logo Baojun ditambahkan di tengahnya. Pintu belakang masih mempertahankan desain yang membuka ke samping, bukan ke atas.

Melanjutkan ke dalam, kokpit dilengkapi dengan roda kemudi palang tiga, panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, dan layar unit kepala mengambang 10,1 inci. Konsol tengah memiliki tempat cangkir dan bantalan pengisi daya nirkabel untuk ponsel.

Sebagai model Plus, terdapat 28 ruang penyimpanan di seluruh interior. Lalu, bagasinya menyediakan ruang penyimpanan standar sebesar 385 liter. Setelah jok belakang dilipat, volume bagasi maksimal bisa ditingkatkan menjadi 1.715 liter.

Sangat luas. Ruang kepala depan 1.043 mm, belakang 1.061 mm, depan 913 mm, dan belakang 870 mm.

Apakah akan masuk ke Indonesia? Saat mereka menghadirkan Cloud EV. Bisa jadi, jika ceruk pasarnya berkembang, mereka akan menawarkannya di sini.

Sumber: Oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post BRI dan Microsoft  Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia
Next post Kapten Arsenal: Kejar 2 Gelar Juara Adalah Hal yang Indah