BMKG Peringatkan Waspada Hujan Sedang hingga Lebat Disertai Angin Kencang Hari Ini, 30 Januari 2024

Read Time:1 Minute, 44 Second

harfam.co.id, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kemungkinan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada hari ini, Kamis. Diperkirakan kekuatan ini akan terjadi di banyak wilayah di Indonesia.

Melansir Antara dari laman resmi BMKG, wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin topan adalah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, dan Bengkulu.

Kemudian hujan lebat juga terjadi di DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Lampung.

Begitu pula dengan maluku, maluku utara, nusa tenggara timur, papua, papua barat, riau, sulawesi barat, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, sulawesi utara, sumatera barat, dan sumatera selatan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat waspada dan bersiap menghadapi cuaca buruk dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga tahun 2024. Februari.

“Pada puncak musim Lituania pada bulan Januari dan Februari dapat terjadi curah hujan ekstrem. Di banyak wilayah Indonesia juga sangat mungkin terjadi hujan lebat dan sangat lebat, angin kencang, dan gelombang besar,” kata Dwikorita.

Di daerah pegunungan atau daerah yang rawan kekeringan dan banjir, masyarakat diminta mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir, tanah longsor, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

“Sebaiknya masyarakat memantau informasi cuaca yang diberikan BMKG secara berkala atau sebelum beraktivitas. Hal ini akan membuat masyarakat lebih optimis jika suatu saat cuaca buruk terjadi,” ujarnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, hujan lebat mungkin terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Sebagian besar wilayah telah diguyur hujan sejak Selasa pagi.

Berdasarkan pantauan BMKG, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan, sedangkan siang hari berawan di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Namun hujan disertai petir diperkirakan terjadi sebagian besar wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu pada malam hari. Hanya Jakarta Selatan yang diperkirakan berawan.

Suhu di Jakarta diperkirakan berkisar antara 24 hingga 29 derajat Celcius, dengan tingkat kelembapan antara 85 hingga 95 persen. Suhu tertinggi terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan suhu berkisar 24 hingga 29 derajat Celcius dan kelembapan berkisar 85 hingga 95 persen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 3 Resep Kreasi Ikan Sidat, Bisa Dipepes sampai Olahan Unagi Khas Jepang
Next post 5 Benda Ini Perlu Disiapkan untuk Perjalanan Jauh Saat Liburan Akhir Tahun