Bos Smartfren Bicara Kelanjutan Merger dengan XL Axiata, Sampai Mana Prosesnya?

Read Time:1 Minute, 22 Second

harfam.co.id, Jakarta – Pemegang saham operator seluler Smartfren dan XL Axiata menjajaki kemungkinan merger dengan menandatangani perjanjian pada pertengahan Mei lalu.

Kini, ekspedisi tersebut bersorak dengan hadirnya Starlink, layanan internet satelit Low-Earth Orbit (LEO) milik Elon Musk.

Akankah kehadiran Starlink cukup memberikan dampak terhadap upaya penggabungan dua operator seluler di Indonesia?

Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys menjelaskan merger kedua operator tersebut membutuhkan proses yang panjang. Sejauh ini pemegang saham kedua perusahaan tersebut dipastikan telah menandatangani nota kesepahaman atau kesepahaman terkait penyidikan tersebut.

Sebelumnya, pemegang saham dan pengendali Smartfren PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data dan PT Bali Media Telekomunikasi Axiata Group Berhad menandatangani nota kesepahaman pada Rabu 15 Mei 2024. 

Ditemui usai jumpa pers Smartfren Run 2024 di Jakarta, Jumat (7/6/2024), “para pemegang saham sepakat untuk menjajaki merger atau merger,” jelas Merza.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah penandatanganan perjanjian, masing-masing pihak akan melakukan uji tuntas sebelum menghubungkan Smartfren-XL Axiata.

Uji tuntas (due diligence) merupakan proses uji tuntas (due diligence) secara menyeluruh dan menyeluruh yang dilakukan oleh perusahaan atau pihak terkait untuk mengevaluasi dan memverifikasi berbagai aspek perusahaan yang akan menggabungkan diri.

Mersa menegaskan, proses penyelidikan saat ini masih berjalan dan belum ada kesimpulan.

Prosesnya sedang berjalan, menunggu pemegang saham mengatakan, ‘Oke, sudah cukup dilakukan investigasi, sudah cukup,’ barulah kita bertemu lagi untuk membahas lebih lanjut, jelasnya.

 

Menurut dia, saat ini belum ada informasi bagaimana struktur saat kedua perusahaan bergabung, dan siapa yang akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Pemantauan masih berlangsung di tingkat pemegang saham, kami belum dapat informasi lebih lanjut. Kami berharap pemantauan dapat dilakukan dengan mudah dan selesai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, ”kata Mersa.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Gol Bunuh Diri Wober Menangkan Prancis pada Laga Perdana Euro 2024
Next post PO Sinar Jaya Tambah Armada Sleeper Bus, Warganet: Kurang Elegan dan Mewah