JAKARTA – Baru-baru ini, konsultan analisis merek terkemuka Brand Finance menerbitkan 500 merek paling berharga dan terkuat di dunia melalui laporan Brand Finance Global 500 List 2024 “The 500 Most Valuable & Strongest Brands in the World” kuat”, Apple kokoh di posisi teratas. posisi terdepan dalam teknologi seperti Samsung, Amazon, Google, dan Microsoft.
Secara berurutan, 10 posisi terpenting dan terkuat di dunia diisi oleh Apple, Microsoft, Google, Amazon, Samsung, Walmart, TikTok, Facebook, T Mobile, dan ICBC. Menariknya, dalam daftar 500 perusahaan terbesar dan terkuat di dunia ini terdapat perusahaan asal Indonesia yaitu BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
BRI menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang berhasil masuk dalam Brand Finance Global 500 2024 dan menduduki peringkat 446 dunia. Pencapaian ini merupakan pencapaian unik bagi perseroan karena baru pertama kali masuk dalam daftar tersebut.
Brand Finance Global 500 merupakan laporan Brand Finance tahunan yang mengevaluasi dua faktor utama, yaitu kinerja keuangan dan kekuatan merek suatu perusahaan. Tahun ini, Brand Finance meneliti 5.000 merek di 30 negara.
Direktur Perusahaan BRI Sunarso pun angkat bicara mengenai hal ini, dan mengungkapkan betapa bahagia dan bangganya dirinya dengan pencapaian perusahaan yang dipimpinnya.
“Penilaian ini menegaskan bahwa kinerja dan pencapaian BRI diakui secara luas, tidak hanya di tingkat nasional dan regional, tetapi juga secara global,” ujarnya.
Dalam publikasinya, Chairman dan CEO Brand Finance, David Haigh, menyatakan hasil riset Brand Finance 500 2024 lebih lengkap dibandingkan tahun lalu.
“Brand finance telah berinvestasi lebih banyak dalam penelitian dan memahami persepsi konsumen terhadap merek di seluruh dunia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan penelitian yang dilakukan di berbagai lokasi global,” katanya.
Sunarso berharap semakin berkembangnya brand BRI dapat menjadi insentif bagi perusahaan untuk semakin meningkatkan peran dan kontribusinya, baik dalam menciptakan nilai ekonomi maupun nilai sosial.