Bupati Jembrana Bali Luncurkan Angkutan Gratis untuk Pelajar Kurang Mampu

Read Time:2 Minute, 9 Second

Jembrana – Bupati I Nengah Tamba dan Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna kembali menjalankan jadwal kerjanya dengan meluncurkan Trans Bahagia di parkiran Pura Jagatnatha, Sabtu (2/3).

Layanan Trans Bahagia digunakan sebagai bus sekolah gratis bagi siswa miskin di Jembrana. Turut hadir pejabat Forkopimda, Sekda I Made Budiasa, beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jembrana serta sopir bus sekolah gratis.

Organisasi Transportasi Darat (Organida) menyiapkan 20 kendaraan hias di Kabupaten Jembrana untuk melayani 169 siswa SD miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Para siswa ini nantinya akan dijemput dan dilayani di 14 sekolah menengah negeri yang ada di kabupaten Jembrana.

Bupati I Nengah Tamba mengatakan, program bus sekolah gratis bisa menjadi kenyataan karena perlu melalui berbagai kajian regulasi dan menyiapkan anggaran yang dapat diterima.

“Program ini baru dimulai karena banyak tantangannya. Kalau regulasinya kita lihat apakah sudah tepat. Kemudian juga pihak ketiga dalam hal ini Organda sudah siap dengan armadanya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraannya juga. , agar kendaraan tidak rusak”, ujarnya.

Selain itu, Pangdam Tamba yakin, para pengemudi yang melayani pelajar tersebut bisa tertib berlalu lintas. Ia menegaskan, pengemudi tidak boleh lengah saat mengangkut siswa agar siswa merasa nyaman dan aman selama berangkat ke sekolah.

“Kita juga membutuhkan pengemudi yang benar-benar paham, bisa memperlakukan siswa yang diangkut seperti anak sendiri dan mendapat pelayanan yang baik,” imbuhnya.

Dikatakannya, jika program ini berjalan dengan baik maka akan dilakukan upaya untuk meningkatkan layanan kemahasiswaan sehingga jumlah mahasiswa yang dilayani dapat meningkat.

“Nantinya kalau ini berhasil dan benar-benar bisa membantu proses belajar mengajar di sekolah, semoga bisa kita tingkatkan lagi.”

Dengan adanya bus sekolah gratis ini, para siswa, khususnya mereka yang kurang mampu, tidak perlu lagi khawatir untuk sampai ke sekolah tepat waktu. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya-biaya yang biasa dikeluarkan saat berangkat dan pulang sekolah dan menggunakannya untuk kebutuhan sekolah lainnya.

“Mudah-mudahan kalau kita bisa membantu anak-anak ini agar minat belajarnya tinggi, mereka tidak lagi memikirkan siapa yang akan mengantarnya ke sekolah besok,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana Organda Wayan Sulendra mengapresiasi inisiasi bus sekolah gratis. “Dari Organda saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas program angkutan pelajar gratis dan saya mendukung penuh rencana pemerintah menuju Golden Jembrana pada tahun 2026,” ujarnya.

Ia berharap layanan bus sekolah gratis ini juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi para pengemudi taksi. “Program ini juga dapat mengaktifkan kembali angkutan umum di Jembrana,” tutupnya.

  Ibu dan anak harus tahu, berikut tips menghindari cyberbullying. Cyberbullying adalah ancaman, pelecehan atau penghinaan yang dilakukan melalui media digital. Berikut beberapa tips untuk menghindarinya. harfam.co.id.co.id 7 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Ten Hag Berharap Performa Apik Antony Berlanjut Lawan Liverpool