Cara Cek Lokasi Gmail Untuk Lacak HP Hilang, Ikuti Langkah-langkahnya

Read Time:4 Minute, 57 Second

harfam.co.id, Jakarta Kehilangan ponsel tentu menjadi masalah karena akses komunikasi tiba-tiba terhenti. Tak hanya itu, peran ponsel kini juga menjadi sarana hiburan dan pembayaran. Tak heran, ponsel yang hilang bisa sangat menyebalkan. Selain itu, ponsel juga menyimpan banyak informasi berharga dan pribadi yang tidak dapat dilihat oleh siapa pun.

Namun, tidak perlu panik karena Anda tetap bisa mengikuti berbagai tips. Untungnya ponsel selalu terhubung dengan Internet, sehingga ponsel selalu menyiarkan lokasinya. Meski dimatikan, ponsel tetap bisa dilacak dengan menelusuri lokasi terakhirnya. Salah satu cara menggunakannya adalah dengan mengecek situs Gmail, memanfaatkan fitur layanan email ini.

Ponsel yang hilang bisa dilacak melalui Google, IMEI, nomor telepon atau bahkan WhatsApp. Semua metode ini menunjukkan lokasi terakhir ponsel. Verifikasi situs Gmail adalah metode yang sangat berguna dan banyak digunakan. 

Yuk simak cara cek situs Gmail yang dirangkum harfam.co.id di bawah ini, Jumat (7/6).

Jika ponsel Anda hilang, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melacaknya menggunakan Google. Cara ini sangat berguna karena ponsel selalu terhubung dengan Internet sehingga memungkinkan Google memantau lokasi sebenarnya. Berikut detail langkah cara melacak HP yang hilang dengan Google: Buka google.com/android/find di browser Anda. Pastikan Anda menerima permintaan Google untuk melacak lokasi ponsel yang hilang. Langkah ini memastikan bahwa Anda memberi Google izin yang diperlukan untuk mengakses ponsel Anda. Masuk dengan akun Google Anda yang tertaut atau di ponsel Anda. Jika akun digunakan di lebih dari satu ponsel, Anda akan diminta di kiri atas layar untuk memilih jenis ponsel yang Anda lewatkan. Hal ini memudahkan Google untuk menargetkan pencarian pada ponsel tertentu. Jika ponsel Anda menggunakan lebih dari satu akun Google, pastikan Anda masuk dengan akun yang digunakan untuk profil utama Anda. Hal ini memastikan bahwa informasi yang ditemukan terkait dengan akun utama yang terhubung dengan ponsel yang hilang. Setelah langkah-langkah di atas selesai, Anda akan menerima pemberitahuan di ponsel Anda bahwa Layanan Google Play tidak ada. Notifikasi ini memberikan informasi lokasi ponsel yang hilang di Google Maps. Namun perlu diketahui bahwa lokasi yang diberikan tidak selalu akurat dan hanya merupakan perkiraan saja. Jika pencarian tidak menemukan ponsel, Anda dapat melihat lokasi terakhir ponsel jika informasinya tersedia. Google juga memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat membantu Anda mencari informasi lokasi ponsel Anda: Putar suara: Fitur ini membuat ponsel berdering selama 5 menit tanpa henti, meskipun ponsel dalam mode getar atau senyap. Ini berguna jika Anda berada di dekat tempat di mana Anda mungkin meninggalkan ponsel Anda. Perangkat Aman: Fitur ini memungkinkan Anda mengunci perangkat Anda dengan PIN, pola, atau kata sandi. Anda juga dapat mengirimkan pesan tertentu, seperti nomor ponsel, ke layar kunci untuk memudahkan orang yang menerima ponsel tersebut menghubungi Anda. Hapus perangkat: Fitur ini memungkinkan Anda menghapus secara permanen semua data di ponsel Anda. Namun perlu diingat bahwa data yang disimpan di memori eksternal seperti kartu SD tidak boleh dihapus. Penting untuk diperhatikan bahwa saat menggunakan fitur ini, aplikasi Temukan Perangkat Saya akan berhenti berfungsi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengambil tindakan yang tepat jika ponsel Anda hilang.

Selain Gmail, WhatsApp juga bisa digunakan untuk mencari lokasi ponsel yang hilang. Jika ponsel Anda hilang dan ingin melacak WhatsApp, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti: Pertama, Anda perlu mengakses aplikasi WhatsApp menggunakan ponsel lain atau perangkat lain yang tersedia. Pastikan Anda memiliki nomor WhatsApp atau kontak ponsel yang hilang. Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, cari kontak WhatsApp atau nomor ponsel yang hilang di daftar kontak Anda. Setelah Anda menemukan tautannya, buka dialog tautan dan cari ikon ‘Tambah’ di dialog. Klik ikon tersebut dan pilih ikon lokasi untuk membagikan lokasi ponsel yang sedang Anda gunakan saat ini. Setelah Anda memilih ikon lokasi, pilih opsi “Bagikan Lokasi Saat Ini”. Anda kemudian akan diminta untuk memilih waktu agar berbagi situs dapat berfungsi. Pilih waktu yang lebih lama untuk membagikan situs Anda, misalnya 8 jam, untuk memastikan penerima dapat melihat situs Anda dalam waktu yang lama. Setelah memilih kapan Anda ingin membagikan lokasi Anda, klik “Berikutnya” dan lokasi yang Anda bagikan akan muncul di nomor WhatsApp ponsel yang hilang. Pada ponsel yang hilang, pelacak dapat melihat lokasi yang Anda bagikan dan mengetahui lokasi Anda secara langsung. Untuk mendapatkan petunjuk arah menuju lokasi ponsel yang hilang, penerima dapat mengklik ‘Petunjuk Arah’ dan menuju ke Google Maps. Dari sana, penerima bisa langsung diarahkan ke lokasi ponsel yang hilang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk menemukan ponsel Anda yang hilang dengan membagikan lokasi ponsel Anda saat ini dengan nomor WhatsApp ponsel yang hilang. Langkah-langkah ini sederhana namun efektif untuk membantu Anda menemukan ponsel Anda yang hilang.

Untuk mencari lokasi ponsel yang hilang menggunakan Google Maps, Anda dapat mengaktifkan fitur ‘Berbagi Lokasi’ menggunakan aplikasi. Fitur ini memungkinkan Anda melacak secara pasti keberadaan ponsel Anda saat hilang, selama fitur tersebut masih aktif. Berikut langkah-langkahnya secara detail: Pertama, pastikan ponsel Anda masih aman di genggaman Anda. Kemudian buka aplikasi Google Maps di ponsel. Saat Anda membuka Google Maps, temukan ikon Anda dan ketuk di kanan atas layar. Kemudian pilih menu ‘Berbagi Lokasi’ untuk memulai proses berbagi lokasi. Kemudian Anda dapat memilih waktu pelacakan, seperti “Satu jam/hingga 1 jam” atau “Sampai pengguna berhenti/Sampai Anda menjadi tua”. Pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat Anda memilih waktu pelacakan, sebuah opsi akan muncul untuk memilih email yang paling sering Anda gunakan. Klik kanan dan klik ‘Lainnya’ untuk menentukan email mana yang akan dibagikan dengan lokasi seluler saat ini. Masukkan email yang Anda percaya untuk menghubungi situs Anda. Pastikan alamat email yang Anda pilih berasal dari orang terpercaya atau akun Google lain. Setelah itu, lokasi ponsel Anda dapat dilacak oleh orang yang membagikan lokasi tersebut hingga Anda mematikan fitur berbagi lokasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memanfaatkan fitur berbagi lokasi di Google Maps untuk melacak ponsel Anda yang hilang secara akurat. Fitur ini jauh lebih memudahkan jika ponsel hilang dan dapat memberikan informasi yang lebih akurat dibandingkan Find My Device milik Google.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Minggu Ke Empat Jadi Masa Paling Menantang Saat Berhenti Merokok, Bagaimana Mengatasinya?
Next post UTBK 2024 Dimulai, Ketua Umum SNPMB: Kehadiran Peserta Mencapai 99 Persen