Catat! Ini 10 Penyebab yang Bikin Mobil Brebet saat Digas

Read Time:2 Minute, 45 Second

JAKARTA, 24 Juni 2024 – Jika Anda pernah melihat mobil berhenti saat mengisi bahan bakar, tentu bisa mengganggu perjalanan Anda. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil mogok atau tancap gas.

Mesin mobil yang bermasalah menjadi salah satu pemicu yang bisa menyebabkan mobil mogok saat dikendarai. Mulai dari mesin terlalu panas hingga kebocoran udara pada sistem injeksi, simak berbagai penyebab mobil mogok saat berakselerasi, seperti dilansir dari situs resmi Suzuki.

1. Overheat Penyebab mobil mogok yang paling umum adalah mesin overheat atau kepanasan. Akibatnya kecepatan mobil berkurang. Lebih khusus lagi, mesin yang terlalu panas akan menyebabkan pedal akselerator kehilangan tenaga atau kempes. 

Itu menabrak mobil dan bergetar saat mengemudi. Jika mesin terlalu panas, sebaiknya periksa radiator mobil karena air radiatornya sedikit.

2. Pompa Bahan Bakar Pompa bahan bakar yang rusak juga dapat menyebabkan kendaraan mogok saat melaju. Pompa terdiri dari karburator dengan diafragma. Ketika membran robek dan aus, proses suplai bahan bakar ke injektor terhenti.

3. Throttle Body Kotor Throttle body merupakan saluran masuk udara yang mengatur kecepatan mesin mobil. Jika kondisinya kurang bersih, sistem akan berhenti bekerja secara otomatis. Yang terjadi selanjutnya, mobil berhenti dengan bensin. Untuk menghindari masalah ini, Anda perlu membersihkan dan memeriksa throttle body secara rutin. Membersihkan setidaknya setiap 50.000 km. 

4. Masalah pada sensor mobil adalah pengiriman sinyal ke ECU (Engine Control Unit). Jika sensor rusak maka sinyal yang dikirimkan ke ECU akan salah. Kemudian proses penyediaan bahan bakar berakhir tidak tepat. Perhitungan ECU yang salah akan menyebabkan gangguan. Salah satu permasalahannya adalah kendaraan terhenti saat berakselerasi. 

5. Kehabisan bensin Saat mobil kehabisan bahan bakar, maka proses pembakaran mobil terhenti. Hal ini menyebabkan mobil bergetar saat balapan. Jangan biasakan hanya mengisi ulang saat hampir kosong. 

6. Filter bahan bakar mobil yang kotor dapat menyebabkan rem tersumbat oleh kotoran. Hal ini menyumbat filter bahan bakar di ruang mesin. Akibatnya, proses pembakaran menjadi kurang maksimal dan menyebabkan mobil mogok saat mengisi bahan bakar. Selain kotor, kebocoran filter dan saluran bahan bakar juga dapat menurunkan performa mobil.

7. Gangguan Aliran Udara Massal Aliran udara massal berperan dalam mengukur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Jika komponen ini bermasalah maka pasokan udara juga akan terganggu dan mobil bisa mogok.

8. Busi Jika busi tidak memenuhi standar maka daya pengapiannya tidak akan ideal. Mobil berhenti bergerak karena kurangnya pembakaran.  Anda sebaiknya mengganti busi Anda jika sudah tua, terbakar, atau rusak. Apalagi jika sudah gosong dan berwarna hitam. Pastikan untuk mengganti busi Anda sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil untuk menghindari kesalahan pembakaran bahan bakar.  

9. Pengukur RPM normal (putaran per menit) karburator yang rusak akan melebihi 5.000 RPM. Jika mobil Anda mogok pada putaran tinggi, periksa karburator mobil Anda.  Rusaknya karburator menyebabkan jarum indikator RPM tidak mencapai angka tersebut sehingga menyebabkan mobil mogok.

10. Masuknya udara ke sistem injeksi Pada kecepatan rendah, masuknya udara melalui sistem injeksi menjadi salah satu penyebab utama mengapa mobil melambat. Sebab, kondisi tersebut akan menimbulkan gelembung udara yang masuk ke sistem pembakaran.  Adanya gelembung udara mengganggu kestabilan tekanan bahan bakar. Hal ini mempengaruhi putaran mesin yang menurun saat diisi bahan bakar.  Jadwal MOBIL SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 7 Juli 2024 Pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024, jadwal layanan MOBIL SIM Keliling hanya tersedia di dua wilayah DKI Jakarta. Lalu ada perjalanan menuju kawasan Tangsel harfam.co.id.co.id 7 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hasil Indonesia Open 2024: Dejan/Gloria Amankan Tiket 16 Besar
Next post 8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat