China Pamerkan Helikopter Canggih Z-21, Pesaing Apache Amerika

Read Time:1 Minute, 20 Second

JAKARTA – China terus mengembangkan senjata jenis baru. Kabarnya, Negeri Tirai Bambu sedang membangun helikopter tempur canggih Z-21.

Helikopter ini menarik perhatian karena kemiripan fiturnya dengan tiga model populer. Khususnya, Apache AH-64 Amerika, helikopter serang Mi-28 Rusia dan helikopter Z-20.

Pada Rabu (27/3/2024), Essanews memberitakan, foto dan video yang memperlihatkan helikopter serang baru China beredar di media sosial. Helikopter baru ini sangat berbeda dengan helikopter tempur yang saat ini digunakan China.

Andreas Rupprecht, pakar angkatan udara Tiongkok, memverifikasi keaslian foto tersebut dan memastikan bahwa Z-21 adalah pengembangan dari Z-XX. Dikuchar dirancang sebagai platform yang mampu membawa senjata besar dan kuat mirip dengan Apache atau Mi-28 Rusia.

Rupprecht yakin Z-21 adalah helikopter serang berat yang dirancang untuk memberikan dukungan udara jarak dekat kepada pasukan darat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja lainnya, dan melakukan operasi anti-kapal.

Meski spesifikasi teknis detail mesin Z-21 masih dirahasiakan, namun helikopter tempur ini akan menggunakan mesin yang diadaptasi dari Z-20. Helikopter tersebut diharapkan mulai beroperasi dalam tiga tahun ke depan dan bersaing dengan Apache di medan perang.

Dari foto dan video yang dirilis, helikopter tempur Z-21 dapat dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, antara lain:

1. Rotor utama lima warna

Desain rotor ini memberikan keseimbangan antara kinerja dan stabilitas, memungkinkan Z-21 bermanuver dengan cepat dan mudah melintasi medan perang.

2. Mesin bertenaga

Mesin bertenaga memberikan daya angkat yang cukup untuk membawa senjata berat dan memungkinkan Z-21 beroperasi di ketinggian. Suar di atas kepala membantu mengurangi tanda inframerah helikopter dan mempersulit sistem pertahanan udara musuh untuk mendeteksinya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Garuda Tambah 170 Penerbangan Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024
Next post Intip Daftar Game yang Bisa Meraup Cuan, Cuma Modal Smartphone