Daftar HP Samsung Galaxy yang Kebagian Update Android 15 dan One UI 7

Read Time:3 Minute, 35 Second

harfam.co.id, Jakarta – Android 15 akan segera hadir di berbagai ponsel Android dan Samsung pun tak mau ketinggalan pembaruan tersebut.

Versi update Android baru ini akan dirilis pada Juli 2024. Setelah merilis update, Samsung akan berintegrasi dengan One UI 7 yang hadir di sistem Android baru.

Integrasi ini akan memakan waktu hingga beberapa bulan, yang berarti pengguna harus bersabar untuk menguji software One UI 7 berbasis Android 15.

Masih belum ada kabar resmi dari pihak perusahaan mengenai smartphone mana saja yang akan mendapat update One UI 7.

Namun, Samsung menjanjikan periode upgrade untuk sebagian besar perangkatnya.

SamMobile telah merangkum ponsel Samsung Galaxy mana saja yang akan mendapat pembaruan One UI 7 berbasis Android 15, dikutip Gizmochina, Senin (25/03/2024).

Seri Galaxy S: Galaxy S24 Galaxy S23 Ultra Galaxy S23+ Galaxy S23 Galaxy S23 FE Galaxy S22 Ultra Galaxy S22+ Galaxy S22 Galaxy S21 FE Galaxy S21 Ultra Galaxy S21+ Galaxy S21

Seri Galaxy Z: Galaxy Z Lipat 6 Galaxy Z Lipat 5 Galaxy Z Flip 6 Galaxy Z Flip 5 Galaxy Z Lipat 4 Galaxy Z Flip 4 Galaxy Z Lipat 3 Galaxy Z Flip 3

Seri Galaxy A: Galaxy A73 Galaxy A72 Galaxy A54 Galaxy A53 Galaxy A34 Galaxy A33 Galaxy A25 Galaxy A24 Galaxy A23 Galaxy A15 (LTE+5G) Galaxy A14 (LTE+5G)

Seri Galaxy M: Galaxy M54 Galaxy M34 Galaxy M53 Galaxy M33 Galaxy M15

Seri Galaxy Tab: Galaxy Tab S9 FE+ Galaxy Tab S9 FE Galaxy Tab S9 Ultra (Wi-Fi/5G) Galaxy Tab S9+ (Wi-Fi/5G) Galaxy Tab S9 (Wi-Fi/5G) Galaxy Tab S8 Ultra (Wi-Fi) Fi Fi/5G) Fi Fi/5G) Galaxy Tab S8+ (Wi-Fi/5G) Galaxy Tab S8 (Wi-Fi/5G)

Seri Galaxy F: Galaxy F54 Galaxy F34 Galaxy F15

Daftar tersebut masih tentatif hingga pengumuman resmi Samsung yang akan dilakukan sekitar Agustus atau September 2024.

Sementara itu, bocoran Galaxy Z Fold 6 semakin marak beredar di internet, dimana kabarnya kali ini ponsel layar lipat baru Samsung akan menyaingi lini Galaxy S.

Galaxy Z Fold 6 dikabarkan akan mengusung bodi titanium, sama seperti Galaxy S 24 Ultra yang diumumkan Samsung pada Januari 2024.

Informasi tersebut diungkapkan tech blogger Revegnus di akun pribadinya yang dulu bernama Twitter, @Tech_Reve. Dia men-tweet: “Z Fold 6 dilengkapi dengan titanium.”

Diketahui, Galaxy Z Fold 5 yang diumumkan pada Agustus 2023 masih akan menggunakan bodi berbahan aluminium. Jika benar, ini akan menjadi ponsel kedua Samsung yang berbodi titanium.

Pergantian material bodi ponsel dengan layar lipat besutan Samsung ini terbilang wajar, mengingat Galaxy Z Fold 6 sendiri lebih mahal dan rumit dibandingkan lini Flip 6.

Tak hanya itu, penggunaan material titanium juga diyakini akan membuat ponsel layar lipat Samsung ini lebih kuat dan ringan.

Selain itu, bodi titanium membuat Galaxy Z Fold 6 lebih mahal dan tentunya lebih tahan lama dibandingkan generasi Z sebelumnya.

Di sisi lain, Samsung dikabarkan berencana memperluas jangkauan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat, terutama perangkat andalan generasi lama. Hal tersebut diungkapkan oleh Head of MX Business Samsung Electronics TM Roh dalam wawancaranya baru-baru ini.

Mengutip informasi dari 9to5Google, TM Roh menyebutkan kemungkinan Samsung akan meluncurkan AI untuk perangkat Galaxy besutannya paling lambat tahun lalu. Namun belum disebutkan secara jelas perangkat apa saja yang mendukung kemampuan tersebut.

Menurut TM Roh, Samsung mengerahkan seluruh sumber daya dan upayanya untuk mewujudkan hal ini. Perusahaan juga berencana untuk secara bertahap meluncurkan pengalaman Galaxy AI secara penuh.

“S23, bersama dengan Fold dan Flip yang diluncurkan tahun lalu, akan ditingkatkan dengan kecerdasan buatan, dan kami juga mencoba melakukan banyak penelitian pada model sebelumnya,” kata TM Roh.

Mengutip pernyataan tersebut, berbagai pihak berspekulasi bahwa Samsung sendiri sedang mempertimbangkan kemungkinan Galaxy AI di lini Galaxy S22, termasuk Galaxy S22 Plus dan Galaxy S22 Ultra.

Pasalnya pada keterangan sebelumnya, Samsung menyebut kemampuan Galaxy AI hanya akan tersedia untuk lini Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9.

Hal ini dilakukan mengingat performa Galaxy AI sangat berat. TM Roh sendiri mengatakan Galaxy AI tidak hanya mencakup AI berbasis cloud, tetapi juga teknologi AI berbasis perangkat yang sangat bergantung pada kinerja perangkat keras.

“Untuk mengaktifkan AI pada perangkat pada perangkat dengan perangkat keras terbatas, tentu diperlukan upaya lebih,” ujarnya. Saat ini Samsung baru saja meluncurkan Galaxy AI di lini Galaxy S24, dan kemudian dijadwalkan pada akhir Maret tahun ini di seri andalan 2023.  

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Profil Hilbram Dunar, Presenter yang Meninggal Dunia dalam Usia 48 Tahun
Next post ‘Wajah’ iPhone 16 Terungkap