Deretan Ubahan Mesin Yamaha Lexi 155 Dibanding NMax dan Aerox

Read Time:1 Minute, 24 Second

harfam.co.id, Bandung – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), skuter matik (skutik) terbaru Lexi sudah masuk kelas. Motor kategori maxi ini kini ditenagai mesin Blue Core 155 cc setelah sebelumnya ditenagai mesin 125 cc.

Dengan mesin terbarunya ini, Yamaha Lexi LX 155 semakin bertenaga dibandingkan saudaranya yang lebih besar, NMax dan Aerox.

Memang mesin Lexi LX 155 mengalami beberapa perubahan dibandingkan dua model sebelumnya (Yamaha NMax dan Aerox). Meski begitu, ketiganya menggunakan engine mount yang sama.

Dijelaskan Service Educator PT YIMM Ferry Nurul Fajar, ubahan pada mesin Yamaha Lexi LX 155 fokus pada efisiensi mekanis atau gesekan yang lebih sedikit. Dari sini, Yamaha mengalihkan fokusnya ke rotor atau magnet yang lebih ringan untuk pertama kalinya.

“Namun saat kita menyalakan magnet, yang kita pikirkan adalah keseimbangan antara kiri dan kanan, dan keseimbangan juga harus kita perhatikan,” jelas Ferri yang ditemui saat media test Yamaha Lexi LX 155 di Bandung.

Perubahan kedua adalah poros engkol atau crankshaft yang dimodifikasi menjadi lebih pendek untuk menghemat bobot dan dapat diubah ukurannya untuk faktor keseimbangan.

Ketiga, untuk memindahkan putaran dari camshaft ke camshaft atau gerak katup, kita ubah ke camshaft atau lebih tepatnya ke pinion gear seat, kata Ferry.

Sementara itu, pada gigi empat, rantai perlu dikencangkan agar dapat berputar, agar stabil, Yamaha juga menggunakan tensioner hidrolik dengan oli sebagai tekanannya.

Kelima, pada blok silinder, gesekannya semakin kecil karena ada proses penghalusan pada dinding silinder. Jadi gesekannya berkurang secara alami, tambah Ferry.

Hasil dari perubahan tersebut adalah gesekan yang minimal sehingga menghasilkan peningkatan torsi sebesar 0,3Nm. Namun torsi yang dihasilkannya malah lebih tinggi dibandingkan NMax dan Aerox.

“Kita tuning lagi biar lebih halus, jadi komponen girboksnya juga kita revisi agar penyaluran torsinya lebih halus,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sumur Berusia Ribuan Tahun Ungkap Sejarah Kerajaan China
Next post Spesifikasi Rudal Bavar-373 Iran, Diklaim Mampu Kalahkan Jet Siluman AS