Dibuka Juni 2024, Ini 5 Berkas yang Perlu Disiapkan untuk Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2

Read Time:1 Minute, 44 Second

JAKARTA – Inilah 5 berkas penting yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2024. Pendaftaran beasiswa Lembaga Manajemen Instansi Pendidikan (LPDP) Tahap 1 tahun 2024 telah ditutup. LPDP membuka kesempatan kedua melalui beasiswa LPDP Tahap 2 yang dibuka sekitar bulan Juni 2024. Bagi yang berniat mendaftar di LPDP tahap 2, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Sesuatu? Artikel kali ini akan membahasnya, check it out!

5 Berkas Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2

1. Esai

Salah satu syarat penting yang harus dilengkapi adalah esai. Esai yang mendukung Anda untuk lolos beasiswa LPDP harus kuat. Isi esai harus bermakna, peserta boleh menyertakan hal-hal berikut dalam esai.

Pengenalan diri, pengalaman kerja dan prestasi yang relevan. Janji kembali ke Indonesia Rencana kontribusi di Indonesia Esai setelah dipelajari 1500 – 2000 kata

2. Sertifikat IELTS Bahasa Inggris

Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya Anda memerlukan sertifikat bahasa yang relevan. Untuk beasiswa LPDP, sertifikat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS. Skor IELTS harus memenuhi persyaratan universitas target untuk memenuhi syarat. Biasanya, skor rata-rata yang dibutuhkan adalah 6,5 – 7,0.

3. Surat rekomendasi

Surat rekomendasi dapat diperoleh dari tokoh masyarakat, akademisi/dosen, atau pengawas. Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi yang menjelaskan keterampilan peserta dari berbagai sudut pandang. Surat referensi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu surat referensi formulir online dan surat referensi formulir offline.

4. LoA (Surat Penerimaan)

Meski tidak bersifat wajib, namun dengan memasukkan LoA dari perguruan tinggi ke dalam daftar kampus tujuan LPDP dapat membantu peserta memperoleh poin tambahan. Sebaliknya jika peserta mengikuti LoA maka peserta hanya dapat lolos satu tahap seleksi yaitu tes beasiswa.

5. Dokumen pendukung

Setelah dipastikan dokumen-dokumen penting di atas, berikut dokumen pendukung yang kurang penting dan bisa menjadi keuntungan jika Anda melewatkannya.

• Kartu Tanda Penduduk (KTP)

• Pindai ijazah dan transkrip nilai

• Dokumen konversi Saldo Ijazah dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) bagi lulusan luar negeri. • Surat Pendaftaran Permohonan Pendaftaran Surat Proposal dari Pejabat yang bertanggung jawab di bidang Sumber Daya Manusia (bagi pelamar PNS/TNI/POLRI) Proposal penelitian (bagi pelamar PhD)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Hasil Liga 1: Dengan 10 Pemain Bali United Kalahkan Persija