Enam Cara Merawat Ban Mobil Saat Musim Hujan

Read Time:1 Minute, 29 Second

harfam.co.id, Jakarta – Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi. Pasalnya, jalan yang licin dan basah dapat meningkatkan peluang terjadinya kecelakaan jika kendaraan memiliki handling yang buruk dan perilaku berkendara yang ugal-ugalan.

Oleh karena itu, menjaga kondisi ban saat musim hujan sangatlah penting.

Namun perlu diingat bahwa perawatan mobil tidak hanya sekedar ban saja, melainkan harus dilakukan dengan baik di bengkel yang terpercaya.

Cuaca hujan membuat jalanan licin dan harus hati-hati. Untuk menjaga pengalaman berkendara yang aman, kita perlu merencanakan dan memelihara banyak hal yang akan membantu menjaga ban dalam kondisi baik dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Coba ikuti petunjuk perawatan ban yang diberikan oleh Auto2000

1. Periksa tekanan udara secara berkala

Memastikan tekanan ban berada pada level yang tepat sangat penting dilakukan secara rutin.

Tekanan udara yang tepat membantu meningkatkan cengkeraman ban di jalan basah, mengurangi kecelakaan saat melaju, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Pilih ban dengan profil yang tepat

Memilih ban dengan tapak yang tepat untuk cuaca basah juga sangat penting. Ban dengan jarak bebas yang baik membantu memberikan gaya kontak yang dibutuhkan kendaraan untuk melintasi jalan yang tidak rata.

3. Periksa tapak dan kedalaman ban

Periksa kondisi ban secara berkala dan pastikan kedalaman tapak berada dalam batas aman. Ban atau ban yang tidak terlalu dalam dapat menimbulkan bahaya ngebut dan mengurangi kotoran di air.

Kelebihan beban juga dapat merusak ban dan mengurangi tenaga. Demi keselamatan dan keamanan tim, pastikan kita tidak membawa kendaraan melebihi batas yang ditentukan.

5. Hindari pengereman mendadak

Mengerem secara tiba-tiba di jalan basah dapat menyebabkan selip dan mengurangi pengendalian kendaraan. Jadi usahakan berkendara perlahan dan hindari akselerasi mendadak.

6. Bersihkan lumpur pada ban

Saat kita melintasi jalan yang berlumpur, jangan lupa untuk segera membersihkan ban dari kotoran yang menempel. Pasalnya, lumpur yang menumpuk dapat merusak ban dan mengurangi traksi di jalan basah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post YouTube Lawan AdBlocker dengan Batasi Aplikasi Pemblokir Iklan di Smartphone
Next post Sering BAB Sehabis Makan, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?