Fitur AI Tersembunyi di iPhone yang Bisa Bantu Pekerjaan Kamu Jadi Lebih Mudah

Read Time:2 Minute, 49 Second

harfam.co.id, Jakarta – Apple mungkin jarang menampilkan fitur AI generatifnya ke publik, namun tahukah Anda kalau iPhone telah mengadopsi sejumlah fitur AI? Sekadar informasi, saya katakan; AI di iPhone dapat ditemukan di fitur-fitur aplikasi bawaan iPhone, seperti Kamera, Foto, dan Siri.

Pada saat yang sama, CEO Apple Tim Cook berbicara lebih banyak tentang teknologi tersebut dan mengatakan bahwa dorongan AI Apple kemungkinan akan membuahkan hasil.

Pada Senin (3/11/2024), Tim Cook mengonfirmasi bahwa Apple berinvestasi dalam kecerdasan buatan generatif pada rapat manajemen di bulan Februari, CNET melaporkan. Tanpa menjelaskan secara rinci, Cook mengatakan bahwa “Apple menghadirkan peluang besar dengan AI generatif.”

Meskipun CEO Apple tidak memberikan informasi rinci, beberapa analisis menunjukkan bahwa Apple mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan kecerdasan buatan untuk iPhone.

Meski Apple belum menerapkan AI generatif di iPhone, namun beberapa fitur berbasis AI sudah tersedia di iPhone, antara lain sebagai berikut. Kloning suara digital

Kloning suara dilakukan dalam fungsi Personal Voice. Ini adalah pengaturan aksesibilitas yang menggunakan pembelajaran mesin di iPhone untuk memungkinkan orang yang berisiko kehilangan kemampuan bicara untuk menyalin suara mereka sendiri di iPhone.

Sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih mudah. Untuk mempelajari suara iPhone, pengguna diminta membaca 150 kalimat dengan lantang. Sistem kemudian menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis suara tersebut dan membuat suara buatan yang menyerupai suara pengguna.

Untuk berkomunikasi melalui kloning suara, pengguna dapat menggunakan alat text-to-speech iPhone di FaceTime dan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel.

Teks Langsung adalah fitur AI yang tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 15 atau lebih baru. Fitur ini dapat mengenali teks tulisan tangan dan ketikan di foto, sama seperti Google Lens. Teks dalam gambar kemudian dapat disalin dan ditempel hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Teks Langsung seringkali berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda bisa menyalin teks dari catatan yang Anda tulis di buku, menempelkannya ke dokumen Word, lalu menyimpannya sebagai cadangan. Koreksi otomatis baru yang ditingkatkan

Dengan pembaruan perangkat lunak terkini, Apple juga telah mengatasi salah satu keluhan koreksi otomatis. Koreksi Otomatis kini dapat memperbaiki kesalahan dengan lebih akurat dan menyediakan teks prediksi sebaris yang lebih disesuaikan.

Menurut Apple, peningkatan ini disebabkan oleh model pemrosesan bahasa baru yang menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi kata di iOS 17.

Fitur ini dilatih pada kumpulan data, memungkinkan koreksi otomatis mempelajari konteks dan pola serta memberikan hasil yang lebih baik.

Bukan rahasia lagi kalau iPhone bisa diandalkan dalam hal kemampuan fotografi. Berkat algoritma dan komputasi foto yang canggih, iPhone dapat menghasilkan foto yang luar biasa di segala kondisi pengambilan gambar.

Salah satunya adalah fitur mode potret yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi subjek dan menciptakan efek bokeh. Fitur lainnya adalah mode bioskop. Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mensimulasikan aperture yang diinginkan dan menyesuaikan fokus secara dinamis agar subjek bergerak Anda tetap fokus.

Selain mode potret dan mode bioskop, salah satu fitur terbaru yang didukung AI di iOS 17 adalah kemampuan aplikasi Foto untuk mengenali hewan peliharaan. Hal ini memungkinkan pengguna mengelompokkan foto dengan lebih terorganisir. Siri akan menjadi lebih pintar

Siri telah ada sejak iOS 5, yang dirilis pada tahun 2011, namun asisten virtual Apple akan menjadi jauh lebih pintar. Laporan CNET pada September lalu menyebutkan bahwa Apple berencana mengembangkan AI generatif untuk Siri menggunakan bahasa pemrograman yang lebih kompleks.

Contoh yang dirinci dalam artikel menjelaskan bagaimana Siri dapat merespons perintah suara sederhana untuk tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah kumpulan foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya ke salah satu kontak Anda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Satunesia Menggelar Voice of Colours: a Deaf Artist Art Exhibition & Auction, Tampilkan Karya Seni Seniman Tuli
Next post Family Portrait Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Sambut Lebaran, Rayyanza dan Rafathar Curi Perhatian