Full Time; Indonesia Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun dengan Kemenangan 3-0 di Kandang Vietnam

Read Time:3 Minute, 15 Second

harfam.co.id, HANOI – Timnas Indonesia mengakhiri rekor buruk tanpa kemenangan selama 20 tahun saat menghadapi Vietnam di kandang sendiri. Kini tim Garuda asuhan Shin Tae-yong berhasil mengamankan kemenangan dan clean sheet dengan skor 3-0 pada babak kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 di My Dinh Stadium, Hanoi pada Selasa malam (26/3/2024) WIB. 

Dua pemain internasional pertama Indonesia tampil gemilang, dengan Tom Haye membantu gol Jay Iges dan Ragnar Oratmangoen mencatatkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan. Di menit tambahan waktu, Indonesia memastikan kemenangan lewat gol Ramadhan Sananta. 

Tambahan tiga poin mengokohkan posisi Indonesia di peringkat kedua Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia saat ini mengoleksi tujuh poin di peringkat kedua di belakang Irak dengan 12 poin di puncak klasemen. 

Indonesia mendapat peluang pertama pada menit ketiga lewat situasi sepak pojok. Umpan Tom Haye membuat kemelut di kotak penalti Vietnam. Namun, upaya Jay dan Hubner masih bisa diblok pemain bertahan. 

Pada menit kelima, Vietnam berhasil melepaskan tembakan ke gawang. Hal itu dilakukan Quag Wan Kang setelah menerima umpan dan melewati penjagaan Jay. Beruntung tembakan ke arah gawang berhasil digagalkan oleh Hernando Ari. 

Semenit berselang, Hawkeyes memanfaatkan kesalahan pertahanan Vietnam. Ia merebut bola dari penguasaan lawan dan mencoba menembak dari jarak jauh. Namun Nguyen Philippe masih mampu mengamankannya dengan baik.

Indonesia memimpin pada menit ke-8. Hal itu tercipta melalui situasi sepak pojok. Jay Iges tidak terkawal ketika dia memenangkan tendangan sudut dari Tom Haye. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Ini merupakan rekor luar biasa bagi kedua pemain, Tom Haye mencetak assist pada debutnya dan Iges mencetak gol pada penampilan keduanya. 

Hernando melakukan penyelamatan penting pada menit ke-11 dari sundulan Nguyen Tien Lin saat menerima umpan di kotak penalti. Kedua tim menekan secara agresif di 15 menit pertama dan menciptakan sejumlah peluang. Benar-benar menunjukkan persaingan sengit antar rival sesama wakil Asia Tenggara.

Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Kali ini Ragnar Oratmangoen mencetak gol pada debutnya bersama Indonesia. Dimulai dengan umpan-umpan pendek antara Ragnar, Nathan dan Tom di sisi kiri serangan. Ragnar kemudian melewati lima bek Vietnam sebelum akhirnya melepaskan tembakan ke gawang. Skor 2-0 untuk Indonesia. 

Pada menit ke-27 Tien Lin nyaris memperkecil ketertinggalan saat mendapat peluang saat menerima umpan di kotak penalti. Namun tendangannya ke tiang jauh masih meleset dari sasaran. Hernando kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-32 dari tendangan bebas Wan Kang yang langsung mengarah ke gawang. 

Vietnam terus berjuang untuk mengejar ketinggalan. Namun babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Vietnam menekan sejak menit awal babak kedua. Namun sektor pertahanan Indonesia mampu menghadapi ancaman Vietnam dari bawah. Shin Tae-Yong tampak mengubah strateginya dengan memasang lini pertahanan yang lebih dalam dan menggunakan serangan balik untuk mengancam pertahanan Vietnam. 

Agee gagal memanfaatkan peluang umpan Nathan pada menit ke-55. Hal itu tercipta melalui serangan balik cepat serta permainan kaki-ke-kaki. Namun, Egi gagal bereaksi terhadap umpan yang diterimanya di gawang Vietnam. 

Hoang Viet An menyia-nyiakan peluang emas saat menerima bola di kotak penalti dari tendangan sudut. Namun tendangannya yang tak berdaya masih meleset dari mistar gawang. Risky Rideau menggagalkan percobaan Vietnam di dalam kotak Indonesia ketika menerima umpan dari Nguyen Van Toan setelah melewati Nathan.

Indonesia mengamankan kemenangan lewat gol ketiga di menit-menit akhir lewat gol Ramadan Sananta memanfaatkan umpan kedua percobaan Edo dari luar kotak penalti. Skor 3-0 memastikan kemenangan Indonesia atas Vietnam. 

 

 

 

Daftar kedua tim:

Vietnam (3-2-4-1): Nguyen Philippe (kiper); Bui Tien Dung, Pham Xuan Man, Phan Tuan Tai; Vu Van Tan, Bui Hoang Viet An; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Khat Van Cang; Nguyen Thien Linh 

Pelatih: Philippe Troussier 

 

Indonesia (3-2-3-2): Hernando Ari (kiper); Jay Iges, Risky Rideau, Nathan Tjo-A-On; Asnavi Mangkualam, Justin Hubner; Witan Suleman, Ragnar Oratmangoen, Tom Hay; Marcelino Ferdinand, Hokki Karaka 

Pelatih: Shin Tae Yong

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sempat Dicurigai Tiru Porsche 911 Lewat Ioniq 6, Hyundai Justru Pekerjakan Mantan Insinyur Taycan
Next post Zhang Zhi Jie Meninggal karena Henti Jantung, Bagaimana Pertolongan Pertama yang Tepat?