Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Jadwal, Lokasi, dan Cara Menyaksikan Fenomena Langka Ini

Read Time:2 Minute, 1 Second

harfam.co.id, Jakarta – Peristiwa alam langka sekaligus spektakuler, gerhana matahari total akan terjadi hari ini, 8 April 2024.

Fenomena gerhana matahari total yang langka ini dapat disaksikan di seluruh Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Ya, sayangnya kejadian langka dari Indonesia ini tidak bisa kamu saksikan.

Namun bagi yang penasaran dengan gerhana matahari total dan ingin menyaksikannya secara langsung bisa menyaksikannya di channel YouTube NASA.

Jadwal Gerhana Matahari Total:

Menurut NASA, fase gerhana total ini akan dimulai pada 9 April 2024 pukul 11.07 PDT atau 01.07 WIB di lepas pantai Pasifik Meksiko.

Saat bayangan Bulan bergerak ke timur laut, fenomena ini akan dimulai pada pukul 13.27 PDT (3.30 WIB) di sebagian besar negara bagian Amerika Serikat.

Mulai saat ini, jalur gerhana total akan berlanjut hingga Texas, melintasi lebih dari selusin negara bagian sebelum gerhana memasuki Kanada di selatan Ontario.

Gerhana akan meninggalkan benua Amerika Utara sekitar pukul 17.16. NDT atau 02.45 WIB dari Newfoundland, Kanada.

Lokasi Gerhana Total:

Jalur atau lokasi terjadinya gerhana total adalah sebagai berikut: Texas Oklahoma Arkansas Missouri Illinois Kentucky Indiana Ohio Pennsylvania New York Vermont New Hampshire Maine

Gerhana matahari total juga akan terjadi di sebagian kecil wilayah Tennessee dan Michigan.

Meskipun banyak kota besar di AS berada di ambang gerhana matahari total, banyak kota lain yang akan mengalami gerhana sebagian.

Beberapa kota besar terbaik untuk gerhana: San Antonio, Texas Austin, Texas Waco, Texas Dallas, Texas Little Rock, Arkansas Indianapolis, Indiana Dayton, Ohio Cleveland, Ohio Buffalo, New York Rochester, New York Syracuse, New York Burlington, Vermont

Bagi yang ingin menyaksikan peristiwa ini bisa menyaksikan gerhana total dengan mengklik link di channel YouTube NASA.

Penting: Jangan sekali-kali melihat langsung ke Matahari saat terjadi gerhana tanpa kacamata khusus gerhana. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

Berikut beberapa cara untuk melihat gerhana total dengan aman: Kacamata Eclipse: Gunakan kacamata khusus gerhana bersertifikasi ISO 12312-2. Teleskop dengan filter surya: Gunakan teleskop dengan filter surya yang aman untuk melihat gerhana. Proyektor: Gunakan teleskop dan proyektor untuk memproyeksikan gambar Matahari ke layar. Streaming Langsung Online: Banyak lembaga dan organisasi ilmiah yang menyiarkan langsung gerhana secara online.

Siapkan perlengkapan Anda: Kacamata gerhana, teropong dengan filter surya, proyektor, kamera dan tripod. Cari tempat yang aman: Carilah tempat yang mempunyai pemandangan langit luas dan tidak terhalang. Sampai di sana lebih awal: Datanglah ke lokasi gerhana lebih awal untuk menghindari keramaian. Bersabarlah: Gerhana matahari total merupakan kejadian langka, jadi nikmati momen ini dengan sabar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kembangkan Rotax, Iran Berhasil Hentikan Serangan Israel ke Palestina
Next post 5 Hal yang Bikin Android Lemot dan Solusinya