September 21, 2024
Grab Indonesia Jadi Perusahaan Teknologi Pertama yang Kantongi Sertifikat Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU

Grab Indonesia Jadi Perusahaan Teknologi Pertama yang Kantongi Sertifikat Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPPU

0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

harfam.co.id, Jakarta – PT Grab Teknologi Indonesia atau Grab Indonesia menjadi perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang menerima Certificate of Intent Program Daya Saing Usaha dari Komisi Daya Saing Dunia Usaha (KPPU). 

“Hari ini Grab Indonesia mendapatkan sertifikat kepatuhan komersial dari KPPU dan program ini baru akan dimulai pada tahun 2022, kami bisa menjadi orang pertama yang mengikuti program ini. Jadi kami sangat senang,” kata Negara Grab Indonesia. CEO Neneng Goenadi pada Konferensi Pers Penyerahan Sertifikat Perjanjian Persaingan Usaha oleh KPPU kepada Grab Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024). 

Neneng menegaskan, perolehan sertifikat tersebut merupakan upaya Grab untuk menunjukkan efektivitasnya dalam mendobrak kebiasaan laki-laki dan persaingan usaha tidak sehat.

Ia mengatakan diperolehnya sertifikat tersebut merupakan wujud komitmen Grab dalam menerapkan persaingan usaha yang sehat.

“Kami ingin menunjukkan komitmen kami bahwa kami sangat serius dalam menghadapi persaingan usaha ini. Kami ingin persaingan usaha ini sehat, tidak membahayakan,” ujarnya.

Selain itu, Neneng berharap Grab dengan menerima surat dari KPPU ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian Indonesia. 

“Kami berharap dengan terus berkomitmen bersama KPPU dan pelaku usaha lainnya untuk menerapkan persaingan usaha yang sehat, ternyata sesuai undang-undang yang berlaku saat ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden KPPU Indonesia Aru Armando menyampaikan, sertifikat Grab Indonesia sudah ada pada 14 November 2023, namun baru diterbitkan.

 

Berdasarkan hasil rapat peninjauan tersebut, KPPU menilai Grab mampu menunjukkan komitmen dan konsistensinya melalui kode etik, pedoman kepatuhan, komitmen perjanjian loyalitas dan berbagai elemen lainnya dalam hal kepatuhan terhadap aturan bisnis persaingan. 

Armando mengatakan Certificate of Intent Program Kompetisi Bisnis Grab Indonesia berlaku selama lima tahun terhitung 14 Desember 2023 hingga 14 Desember 2028. 

Namun, ia mengingatkan Grab Indonesia agar program tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menciptakan persaingan bisnis yang sehat.

“Kami berharap sertifikat ini dapat menjadi insentif bagi Grab Indonesia untuk menjaga prinsip persaingan usaha yang sehat,” tutupnya.

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Country Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi mengakui bahwa metode pemasaran dan periklanan telah terpengaruh oleh ekonomi digital dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia.

“Di Indonesia sendiri, kita sudah menjadi pemain besar dalam ekonomi digital dengan kontribusi sebesar 40% terhadap transaksi digital di Asia Tenggara berdasarkan laporan ekonomi Google Southeast Asia 2022,” jelas Neneng dalam sambutannya di MMA Indonesia Modern. Acara Marketing Talk 2023 di JW Marriott, Senin (3/7/2023).

Pada tahun 2022 saja, ekonomi digital Indonesia akan menyumbang 5,8 persen terhadap PDB dengan nilai $77 miliar.

“Tidak hanya itu, dengan proyeksi nilai sebesar 130 miliar dolar pada tahun 2025 yang akan berjalan dalam dua setengah tahun dari sekarang, maka jumlah tersebut akan berlipat ganda dan mungkin mencapai lebih dari 20 persen PDB Indonesia,” jelas Neneng.

Menurut dia, hal ini disebabkan oleh tiga faktor utama.

Pertama, dengan meningkatnya populasi digital – dimana dua dari tiga masyarakat Indonesia memiliki akun media sosial.

Kedua, Indonesia menempati peringkat keenam dunia dan pertama di Asia Tenggara sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak, ujarnya.

Faktor ketiga juga mencakup dukungan pemerintah yang diperlukan untuk mendorong ekonomi digital, kata Neneng.

“Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi digital yang fenomenal juga mengubah industri periklanan dan pemasaran,” tambahnya.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D
Share via
Copy link