Hal Baik yang Terjadi pada Tubuh Saat Tertawa, Termasuk Lebih Tenang Hadapi Masalah

Read Time:2 Minute, 33 Second

harfam.co.id, Jakarta Menertawakan lelucon teman atau kalimat komedian, manfaatnya berdampak pada kesehatan Anda. Tertawa tidak hanya membahagiakan, tapi juga fisik. Ini juga meningkatkan kesehatan mental dan sosial.

Pada tingkat paling dasar, tertawa dapat membahayakan tubuh. Latihan ini melatih diafragma, yang memungkinkan Anda menghirup lebih banyak udara beroksigen dan menstimulasi paru-paru.

Tertawa terbahak-bahak juga bisa meredakan ketegangan otot. 2024, 19 April Seperti dilansir Verywell Mind, Jumat, berikut beberapa manfaat tertawa dan memiliki selera humor. Meningkatkan kesehatan jantung.

Menertawakan hal-hal lucu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tertawa memberikan manfaat ini dengan meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah, sama seperti respons tubuh kita terhadap olahraga.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang jarang atau tidak pernah tertawa memiliki kemungkinan 1,21 kali lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang tertawa setiap hari. Mengurangi rasa sakit fisik.

Robert Bonakdar, MD, FAAFP, FACN, direktur manajemen nyeri di The Scripps Center for Integrative Medicine, mengatakan menyenangkan membawa tawa ke ruang perawatan bila memungkinkan. 

Tertawa telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan ambang rasa sakit, mungkin melalui efek obat yang menghasilkan endorfin. Menariknya, hal ini dapat memberikan efek positif bahkan ketika Anda sedang depresi.

Tertawa menawarkan manfaat fisik lainnya, termasuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. Dalam sebuah penelitian kecil, Penghuni rumah sakit perawatan jangka panjang menjalani terapi tertawa selama 40 menit per minggu selama empat minggu.

Selama waktu itu, kualitas tidur dan perasaan depresi mereka meningkat. Menggabungkan tawa dengan yoga juga terbukti meningkatkan kualitas tidur dan membantu kita tertidur lebih cepat.

Bentuk yoga ini melibatkan gerakan-gerakan menyenangkan dan latihan pernapasan.

Secara umum, tertawa sangat mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit.

Tertawa meningkatkan jumlah sel penghasil antibodi dan meningkatkan efektivitas sel T dalam tubuh.  Sel-sel ini bertindak sebagai kekuatan pertahanan terhadap penyakit.

Bukti praktis menunjukkan bahwa humor dapat menurunkan hormon stres. Kortisol adalah hormon stres utama yang bersirkulasi dalam tubuh selama masa-masa stres. Menurunkan kortisol penting karena kadar kortisol yang tinggi membebani sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ketika Anda melakukan sesuatu yang lucu, Anda tidak bisa fokus pada hal negatifnya pada saat yang bersamaan. Humor dapat membantu meredakan kecemasan.

Membiarkan rambut tergerai dan membiarkannya bernapas merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Humor bahkan dapat memberikan sudut pandang yang sehat.

Setelah tertawa, Anda bisa menemukan sudut pandang baru terhadap masalah tersebut. Saya juga dapat memahami bahwa Anda sedang melalui masa-masa sulit dan bersikap tenang.

Dengan perspektif baru. Anda dapat melihat ancaman sebagai peluang dan tantangan.

Manfaat sosial lainnya dari humor adalah menciptakan komunikasi positif antar manusia. Berbagi meme atau sekadar menceritakan lelucon akan membuat orang lebih nyaman berbicara dengan Anda.

Selama percakapan sulit atau perselisihan; Humor mengarah pada diskusi yang lebih baik, meredakan ketegangan, dan membuat pihak lain merasa nyaman.

Berbagi cerita lucu dengan teman, Ini tidak hanya menghibur kerabat atau kolega tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mereka. Mereka akan berangkat dengan suasana hati yang lebih baik dan lebih bahagia dari sebelumnya.

Tertawa bersama menciptakan ikatan antar manusia. Banyak yang mengingat saat-saat ketika tawa menyebar dengan cepat ke seluruh kelompok. Setelah tertawa bersama, saya merasa lebih dekat dengan orang lain.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post TERPOPULER: Bahaya Celana Bolong Kata Dokter Tirta, Olahraga Sambil Rebahan Bisa Bikin Perut Rata
Next post Pengusaha Pesimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 Capai Target, Ini Gara-garanya