Ilmuwan Berhasil Hilangkan HIV dari Sel Tubuh dengan Teknologi CRISPR

Read Time:1 Minute, 15 Second

LONDON – Para ilmuwan telah mengambil langkah penting dalam memerangi HIV dengan menghilangkan virus dari sel yang terinfeksi menggunakan teknologi penyuntingan gen CRISPR.

BACA JUGA – Ada Obatnya, Ketua Satgas HIV Anak IDAI Sarankan Ibu Hamil Lakukan Tes HIV

Teknologi ini ibarat gunting pada tingkat molekuler, mampu memotong DNA dengan presisi tinggi untuk menonaktifkan atau menghilangkan bagian yang terinfeksi HIV.

Temuan awal ini, yang dipresentasikan oleh sekelompok ilmuwan dari Universitas Amsterdam pada konferensi medis, menunjukkan bahwa CRISPR dapat menjadi alat yang menjanjikan untuk melawan HIV.

Pakar HIV Dr James Dixon dari Universitas Nottingham menekankan bahwa penelitian ini harus terus memastikan efektivitas dan keamanan CRISPR dalam pengobatan HIV.

James mengatakan: “Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan bahwa hasil tes sel ini dapat direplikasi ke seluruh tubuh untuk terapi di masa depan. Akan ada lebih banyak perkembangan di masa depan karena hal ini dapat berdampak pada orang yang hidup dengan HIV.” Wali.

Namun peneliti menekankan bahwa penelitian ini masih dalam tahap awal dan belum menjadi solusi jangka panjang untuk HIV.

CRISPR telah berhasil menghilangkan HIV dari sel yang terinfeksi di laboratorium, penelitian ini masih dalam tahap awal (proof of Concept) dan belum diuji pada manusia.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efektivitas dan keamanan CRISPR dalam melawan HIV dalam tubuh manusia. Obat pengobatan HIV yang ada saat ini hanya menghambat virus tetapi tidak menghilangkannya.

Meski masih banyak kendala yang harus diatasi, temuan ini menawarkan harapan baru bagi pasien HIV. Teknologi CRISPR berpotensi menjadi alat yang ampuh untuk menghilangkan HIV sepenuhnya dari tubuh manusia di masa depan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Upaya Tekan Kasus Diare Lewat Kampanye Sentuhan Sehat
Next post Jake Paul Emosi Diteriaki Nate Diaz usai Mengalahkan Jorge Masvidal