Ini Waktu Imsak Sebenarnya Kata Ustaz Adi Hidayat

Read Time:1 Minute, 2 Second

Jakarta – Salah satu pendakwah kondang Ustaz Adi Hidayat menjelaskan waktu Imsak sebenarnya. Hal ini ia jelaskan dalam ceramahnya kepada jamaahnya.

Dilansir akun YouTube Ceramah Singkat Selasa 19 Maret 2024 Lebih lanjut Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, arti Imsak adalah arti kata lain dari puasa atau Shaum.

“Waktu Imsak adalah waktu dikumandangkannya azan Subuh. Artinya setelah diucapkan maka wajib berpuasa. Jadi tidak ada ketentuan 10 menit atau 15 menit sebelum azan berhenti,” kata Ustaz Adi Hidayat.

“Nama lain dari puasa adalah Shaum, nama lain dari Imsak. Tanda puasanya ada pada azan Subuh, jadi kalau azan subuh itu seperti jam 4.30, maka imsaknya juga jam 4.30, jadi kalau bulan azan subuh itu tidak. Imsak,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, permasalahan Imsak bukan muncul sekarang, melainkan sudah ada sejak lama. Ada pula amalan masa lalu yang tidak sejalan dengan dalil Nabi.

Khatib yang kini berusia 39 tahun itu menjelaskan, 10 atau 15 menit sebelum azan subuh yang biasa disebut Imsak adalah ‘Tahdhir’ yang artinya peringatan.

Hal ini juga dijelaskan oleh Rasulullah, sebelum azan Subuh dikumandangkan, Nabi memerintahkan para sahabatnya untuk membacakan ayat suci Al-Qur’an sebagai tanda akan segera dikumandangkannya Azan Subuh. Ustaz Adi Hidayat Larang Penggunaan Tasbih Lembut Saat Sholat, Ini Alasannya. harfam.co.id.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Arti Caregiver Beserta Tugas dan Perannya, Pengasuh Lansia yang Banyak Dicari
Next post Ria Ricis Buka-bukaan Soal Kurang Nafkah Batin Sebabkan Lahir C-Section: Mitos atau Fakta?