iPhone 16 Bakal Punya Kamera Vertikal untuk Rekam Video Spasial? Ini Bocorannya!

Read Time:3 Minute, 4 Second

harfam.co.id, Jakarta – iPhone 16 semakin ramai diperbincangkan dan berbagai rumor perlahan mengungkap informasi mengenai ponsel baru Apple.

Kabar terbaru iPhone 16 datang dari orang dalam Apple ternama dengan akun X Majin Bu (@MajinBuOfficial), terkait penempatan kamera ponsel Apple.

Dalam cuitan di akun X (dulu Twitter), Majin Boo membagikan gambar Apple iPhone 16 yang hadir dengan kamera vertikal.

“Sepertinya ini modul kamera baru di iPhone 16, seperti yang terlihat, posisi vertikalnya sudah dipastikan,” tulis Majin Boo, dikutip dari akun X miliknya, Selasa (20/2/2024).

Belum lama ini, orang dalam terkenal lainnya @URedditor memposting komentar dari Majin Boo yang mengatakan, “Kebocoran keren, tapi terbalik.”

Hal ini tampaknya sejalan dengan desain iPhone sebelumnya, yang berarti lensa sudut ultra lebar akan ditempatkan di bagian bawah. Sepertinya ini adalah modul kamera iPhone 16 baru seperti yang Anda lihat orientasi vertikalnya dikonfirmasi pic.twitter.com/JWF5olGwQ4 — Majin Bu (@MajinBuOfficial) 16 Februari 2024

Jika kabar ini benar, maka seri iPhone 16 akan lebih fokus pada fotografi. Sebelumnya, ponsel Apple ini hadir dengan tombol kamera khusus.

Dengan tombol ini, pengguna iPhone 16 bisa membuka kamera dengan cepat. Meski banyak pihak yang menganggap perubahan penempatan kamera hanya sekedar estetika, ada alasan mengapa Apple melakukan hal tersebut.

Menurut iMore, hal ini disebabkan oleh Apple Vision Pro atau kemampuan kamera iPhone 16 dalam merekam video spasial.

Saat ini iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max merupakan seri iPhone dengan kemampuan perekaman video spasial.

 

Apa itu video spasial? Video spasial adalah gaya video yang mirip dengan video standar di iPhone Anda.

Namun saat video dibuka menggunakan Apple Vision Pro, pengguna bisa merasakan momen seolah-olah berada di sana.

Alasan hanya lini Pro yang dapat merekam video spasial adalah karena lensa standar dan lensa ultra lebar merekam video secara bersamaan secara horizontal untuk menambah kedalaman pada layar.

Karena alasan inilah posisi vertikal kamera menjadi penting, yang tidak mungkin dilakukan jika lensa ditempatkan secara diagonal.

Mengingat Apple sedang mendiskusikan model Apple Vision yang lebih murah secara internal, hal ini dan perubahan penempatan kamera dapat membuat video spasial lebih mudah diakses oleh calon pelanggan.

Di sisi lain, iPhone SE 4 bisa menjadi pilihan bagi para penggemar Apple (Apple fans) yang mencari seri iPhone dengan budget terbatas.

IPhone SE 4 sendiri merupakan penerus iPhone 3, jajaran ponsel besutan Apple yang hadir dengan harga lebih terjangkau dibandingkan model lainnya.

 Meski Apple masih bungkam soal iPhone SE 4, rumor terbaru menyebutkan ponsel baru tersebut akan memiliki desain serupa dengan iPhone 14.

IPhone SE 4 kabarnya akan menggunakan panel layar OLED dan notch 6,1 inci yang sama dengan iPhone 14 dan iPhone 13.

Bicara soal performa, iPhone SE 4 juga diperkirakan akan menggunakan chipset yang sama dengan iPhone 13 dan iPhone 14, yaitu Apple A15 Bionic.

Namun tidak menutup kemungkinan Apple akan memasang chipset A16, sama seperti di iPhone 15.

Salah satu daya tarik iPhone SE 4 adalah harganya yang diharapkan tetap ramah di kantong.

Menurut Phone Arena, Sabtu (17 Februari 2024), harga iPhone SE 4 mulai dari $499 (sekitar Rp 7,5 jutaan).

Harga tersebut tergolong murah dibandingkan iPhone 14 series, mulai dari $799 (sekitar Rp 12 jutaan).

Meski dibanderol murah, iPhone SE 4 tidak akan kekurangan fungsi penting. Ponsel Apple ini diharapkan hadir dengan jumlah penyimpanan internal paling sedikit, mulai dari 64GB.

IPhone SE sendiri terkenal dengan kemampuan kameranya yang kurang bagus karena ponsel ini masuk dalam kategori ‘ponsel murah’.

Rumor terbaru menyebutkan kamera iPhone SE 4 memiliki resolusi 48 MP. Ini merupakan peningkatan dari 12 MP pada model sebelumnya.

IPhone SE 4 diharapkan bisa menjadi pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan iPhone terjangkau dengan performa tinggi.

Desain yang ringkas, ramah pengguna, dan rangkaian fitur yang luas menjadikan iPhone SE 4 sebagai smartphone yang layak untuk dipertimbangkan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Raffi Ahmad Ucapkan Selamat kepada Prabowo Usai Disematkan Jenderal TNI Kehormatan oleh Jokowi
Next post 403