Jadi Menu Buka Puasa yang Populer, Ketahui Manfaat Air Kelapa

Read Time:2 Minute, 37 Second

harfam.co.id, Jakarta Di bulan Ramadhan, air kelapa menjadi salah satu makanan populer untuk berbuka puasa.

Selain rasanya yang segar, air kelapa mengandung vitamin dan mineral penting yang membantu otot dan saraf serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Air kelapa sangat ideal untuk meremajakan tubuh setelah seharian berpuasa karena kandungan elektrolitnya yang tinggi. Terkadang, puasa menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak air di dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.

Menurut Very Health, air kelapa banyak mengandung elektrolit alami, seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium.

Elektrolit merupakan elemen penting untuk keseimbangan cairan dalam tubuh. Elektrolit juga membantu memindahkan produk limbah masuk dan keluar sel, mendukung otot dan organ, serta mengatur tekanan darah.

“Air kelapa adalah air alami yang ditemukan dalam kelapa hijau, dan mengandung karbohidrat, kalium, dan berbagai tingkat senyawa lain seperti flavonoid, antosianin, asam fenolik, dan asam amino,” kata Monique Richard, ahli diet terdaftar. di Johnson City, Tennessee, pemilik Nutrition-In-Sight, dan juru bicara nasional Academy of Dietetics, kata Forbes.

Manfaat meminum air kelapa adalah sebagai berikut. Hidrat

Cordelia McFadyen, ahli gizi dan pendiri serta pemilik perusahaan nutrisi holistik Inspired Living Nutrition Inc. di Calgary, Alberta, Kanada.

Elektrolit merupakan nutrisi yang mempengaruhi banyak fungsi tubuh, termasuk air dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air kelapa kaya akan potasium, dan 1 cangkir air kelapa tanpa pemanis siap minum menyediakan 404 miligram potasium.

Kalium membantu mengencangkan otot, bertindak sebagai elektrolit dan mendukung keseimbangan cairan, kata Richard.

Selain potasium, 1 cangkir air kelapa siap minum mengandung sekitar 17 mg kalsium, 15 mg magnesium, 64 mg natrium, dan 12 mg fosfor. Kalsium dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang dan otot.

Magnesium penting karena dibutuhkan untuk banyak fungsi termasuk produksi energi dan kesehatan tulang. Sementara itu, natrium diperlukan dalam jumlah kecil untuk menjaga cairan tubuh dan fungsi otot serta otot.

Terakhir, fosfor membangun tulang dan gigi serta membantu tubuh membuat protein, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan, dan ATP, molekul yang digunakan untuk menyimpan energi.

Air kelapa dapat ditambahkan ke dalam makanan tanpa kalori atau rendah gula, satu cangkir (8 ons) air kelapa tanpa pemanis memiliki 44 kalori dan hampir 10 gram gula. Namun kualitasnya bisa hilang tergantung wadah air kelapa yang Anda pilih.

McFadyen mengatakan lebih baik minum air kelapa asli. Kalau begitu, jangan tambahkan gula.

“Disarankan untuk memeriksa labelnya dan jika memungkinkan, pilihlah air kelapa langsung dari kelapanya,” kata McFadyen.

Selain manfaat di atas, 5 manfaat air kelapa lainnya menurut kesehatan adalah menurunkan tekanan darah Membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh Mencegah batu ginjal Memperkuat tulang dan gigi bagi penderita diabetes.

Ada banyak cara untuk menambahkan air kelapa ke dalam makanan Anda.

“Anda bisa meminumnya sebagai jus lain atau menambahkannya ke smoothie,” kata Richard.

Menurut Richard, tidak ada “manfaat kesehatan” yang benar-benar “kesehatan” atau penelitian yang spesifik untuk air kelapa, meskipun ada bukti risiko ketika mengonsumsi delapan hingga 16 ons air kelapa merupakan perkiraan yang baik, namun “Sekali lagi, ini tergantung pada manusia, kebutuhan masyarakat, kesehatan, air kita, akses dan kegunaannya,” jelas Richard.

Meski bukan pengganti sempurna untuk air atau makanan lain, air kelapa bisa memberikan banyak manfaat, apalagi jika Anda dekat dengan sumbernya.

“Di alam, air kelapa segar enak dipadukan dengan banyak makanan,” jelas McFadyen.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Profil Robinho, Eks Real Madrid yang Dipenjara 9 Tahun Dalam Kasus Pemerkosaan
Next post Kwarnas Pramuka Minta Nadiem Tinjau Ulang Aturan Pramuka tak Wajib