Jago Memasak, Koki Cilik dari Tiongkok Pukau Warganet dengan Keterampilan di Dapur

Read Time:2 Minute, 29 Second

harfam.co.id, Jakarta – Usia Anda mungkin masih sangat muda. Namun kepiawaian chef cilik ini dalam menggunakan peralatan dapur dan menciptakan hidangan lezat sudah tidak perlu diragukan lagi.

Gambar koki cilik Sun Jiarui muncul kembali di media sosial. Sebuah video lama seorang anak laki-laki berusia 10 tahun menyalakan api wajan seberat 2 kg sambil menggoyang wajan mengikuti irama musik pop menjadi viral.

Kami juga ingin menemukan kembali sosoknya. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh China Daily pada tanggal 30 Mei 2022 menemukan bahwa saat itu, Jiarui, yang duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur, sedang memasak lebih dari 50 jenis masakan. Diketahui bahwa masakan tersebut tidak memiliki resep yang mudah, bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

Saat itu, video memasak Jiarui menjadi viral. Banyak orang di internet yang kagum dengan keterampilan memasaknya. Bahkan saat itu, Jiarui memiliki 830 ribu pengikut dan 9 juta suka di Douyin, jejaring sosial mirip TikTok milik China. Video pendeknya telah dilihat 40 juta kali.

Ayah Jiarui, Sun Yadong, mengatakan putranya tumbuh besar di dapur karena keluarga mereka memiliki sebuah restoran.

“Putri saya tumbuh besar di dapur,” kata Sun Yadong, pemilik dan koki sebuah restoran sederhana di Wuxi. Yadong mengatakan Jiarui meminta untuk mengajarinya keterampilan memasak ketika dia berusia 8 tahun.

“Dia mulai membantu di rumah ketika dia berumur empat atau lima tahun, dan ketika dia berumur delapan tahun, dia meminta saya untuk mengajarinya cara memasak di luar sekolah.”

Menurut Yadong, itu bukanlah hal yang buruk. Padahal, menurutnya, jika sang putri menguasai beberapa keterampilan, hal itu akan menguntungkan dirinya di masa depan.

Sun Yadong menambahkan, “Tidak buruk jika dia menguasai beberapa keterampilan hidup sehingga dia bisa menjaga dirinya sendiri dengan lebih baik ketika dia besar nanti.”

Pria tersebut kemudian merekam dan mengunggah proses belajar putrinya. Dia tidak menyangka videonya menjadi viral.

Jiarui mengaku awalnya hanya penasaran dengan memasak.

“Awalnya hanya karena penasaran, namun lambat laun saya jatuh cinta dengan memasak,” kata Jiarui. “Ini memberi saya rasa pencapaian yang luar biasa.”

Dia juga mengajar kelas memasak di sekolahnya. Pada tahun 2022, Kementerian Pendidikan Tiongkok mengeluarkan peraturan yang menyatakan bahwa pendidikan keterampilan kerja praktek akan dimasukkan dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah di Tiongkok. Ia juga ingin mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pekerjaan sehari-hari di rumah.

Sebagai tanggapan, sekolah menunjuk Jiarui sebagai salah satu guru memasak di sekolah.

“Kami telah mengadakan lokakarya memasak di sekolah dan Sun Jiarui adalah salah satu gurunya,” kata kepala sekolah Li Hua, seraya menambahkan bahwa Jiarui akan mengajari teman-teman sekelasnya cara memasak hidangan lezat seperti telur rebus dan kentang goreng.

“Sungguh luar biasa bagi para siswa untuk merasakan kegembiraan memasak dan hasil kerja keras,” kata Li. “Hal ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan semangat hidup.”

“Saya berharap kursus ini akan memberi kita lebih banyak kesempatan untuk menguasai keterampilan dasar hidup dan berbagi beban dengan orang tua kita,” kata Jiarui.

Selain keterampilan penting seperti memasak dan mengurus rumah tangga, program Kementerian Pendidikan Tiongkok dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang manufaktur dan jasa.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Spesifikasi Rudal Bavar-373 Iran, Diklaim Mampu Kalahkan Jet Siluman AS
Next post 5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1