Jangan Sepelekan Hobi Merajut, Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Read Time:2 Minute, 5 Second

harfam.co.id, Jakarta – Mendengar kata merajut pasti teringat akan aktivitas nenek. Bahkan, kegiatan merajut bisa dinikmati oleh segala usia. Dengan jarum dan benang sebagai alat utamanya, merajut tidak hanya menghasilkan karya seni yang indah, namun juga bermanfaat bagi keberlanjutan, kreativitas, dan kesehatan.

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Occupational Therapy menemukan bahwa merajut memiliki manfaat psikologis dan sosial yang signifikan serta berkontribusi terhadap kesejahteraan dan kualitas hidup. Berikut beberapa manfaat merajut bagi kesehatan fisik dan mental seperti dilansir Step to Health pada 24 Februari 2024. Pengurangan stres

Merajut memiliki unsur terapeutik yang efektif menghilangkan stres karena memungkinkan Anda memusatkan perhatian pada satu hal dan hasilnya adalah pikiran yang tenang.

Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan atau stres. Dengan merajut, Anda memberi diri Anda ruang untuk menikmati kedamaian dan relaksasi, sekaligus merasa nyaman. Tingkatkan konsentrasi

Merajut mengurangi hiperaktif dan membantu mereka yang kesulitan berkonsentrasi pada satu hal. Merajut berarti memiliki sesuatu yang nyata untuk dikerjakan. Dengan memfokuskan perhatian Anda pada benang dan pola yang ingin Anda buat, tingkat konsentrasi Anda bisa sangat diperkuat. Ini membantu meningkatkan kepercayaan diri

Bagaimana sesuatu yang sederhana seperti merajut dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda? Merajut bukan sekedar hobi, merajut memiliki tujuan: membuat syal, sweater atau tas. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan rasa percaya diri untuk menyelesaikannya dengan baik. Anda mencurahkan waktu, imajinasi, seni, dan emosi Anda ke dalam setiap jahitan.

Salah satu manfaat terbaik merajut adalah pengaruhnya terhadap otak. Tindakan sederhana membuat pola dengan memindahkan benang dari satu jarum ke jarum lainnya akan membantu meningkatkan keterampilan koordinasi otak Anda.

Merajut merupakan aktivitas dinamis dimana setiap gerakan digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang Anda bayangkan. Ini merangsang korteks motorik, lobus frontal dan oksipital, sehingga memperkuat pemikiran Anda dan memperlambat gangguan kognitif.

Menurut penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Neuropsychiatry, bermain game, membaca buku, dan membuat kerajinan tangan dapat mengurangi kemungkinan gangguan kognitif ringan sebesar 30 hingga 50 persen.

Pernahkah Anda memperhatikan betapa cekatannya tangan seseorang saat merajut? Membuat sebuah mahakarya dari benang bukanlah hal sederhana yang bisa dipelajari dalam beberapa menit. Hal ini membutuhkan ritme, kelincahan dan tangan yang selalu aktif.

Merajut adalah latihan yang menjaga tangan tetap bergerak secara teratur dan mencegahnya menjadi kaku. Latihan sehat ini sebaiknya dilakukan setidaknya selama satu jam sehari. Menurut Health Fitness Revolution, gerakan berirama dapat membantu mencegah radang sendi dan tendinitis.

Kesenjangan rajutan yang kecil memungkinkan Anda melatih lengan dan tangan tanpa memberikan tenaga berlebihan yang dapat merusak sistem muskuloskeletal, yang meliputi tulang, sendi, otot, saraf, dan jaringan ikat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hardiknas 2024: Menag Yaqut Tegaskan Komitmen Merdeka Belajar untuk Memanusiakan Manusia
Next post 10 Nama Lain Bulan Ramadhan, Penuh Makna Kebaikan