Jungkook BTS Dituduh Jadi Pengikut Sekte Sesat di Korea, Apa Penyebabnya?

Read Time:2 Minute, 22 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Brand musik asal Korea Selatan Hybe belakangan ini diterpa rumor terkait dengan aliran sesat atau agama bernama Dahn World. Keluarga Hybe bertindak seperti BTS, TXT, NewJeans, Seventeen, GFRIEND, dll.

Perusahaan merasa bahwa artis sudah terbiasa mempromosikan keyakinan ini. Rumor ini juga ada hubungannya dengan GFRIEND.

Anggota BTS Jungkook Dahn World dituduh menggunakan produk yang berhubungan dengan agama. Namun, fans membela Jungkook karena menganggapnya tidak tahu apa-apa tentang produk yang digunakannya.

Ada beberapa “tindakan” Jungkook yang membuatnya dituduh bergabung dengan gereja. Berikut ulasannya dilansir Koreaboo, Senin (29/4/2024):

1. Kecap

Netizen pernah melihat Jungkook menggunakan saus atau saus merek Shin Ang Chon milik BTS. Dia terlihat menggunakan saus tersebut di banyak postingan media sosial saat memasak.

Ia kemudian menjelaskan bahwa meskipun Saus berhubungan dengan agama, itu adalah Cheon Bu Gyo, bukan Dahn World. Sausnya juga banyak dipasarkan di berbagai produk seperti Coupang! Dengan mempromosikan iklan. Fans mengabaikan Jungkook karena tidak tahu.

“Aku menghapus postingan sebelumnya dan memasangnya kembali karena orang-orang sedang berakting. Shin Ang Chon makan kecap di Cheon Bu Gyo. Jadi pada akhirnya tidak ada hubungannya dengan Dahn World. Postingan berikutnya akan lebih banyak lagi. Militer bisa gak tolak, jadi aku balik. Bakal posting sekali,” tulis akun @guiltyarchive.

2. Produk Perawatan Kulit Hwang Chil Ga

Jungkook terlihat menggunakan produk perawatan kulit dari Hwang Chil Ga. Brand ini merupakan salah satu brand yang mempunyai link dari pendirinya dengan Dahn World. Brand tersebut sepertinya menggunakan nama Jungkook untuk mengiklankan produknya. Setelah penggemar melihat produk tersebut di meja riasnya, merek tersebut menggunakan slogan “Pilihan Jungkook! Produk Perawatan Kulit Fermentasi Alami”.

Fans menemukan hubungan antara Dahn World dan Hwang Chil Ga melalui postingan di forum Dahn World. Seorang anggota mengatakan pada tahun 2019 bahwa produk tersebut hanya dijual kepada anggota kantornya. Anggota tersebut mengatakan bahwa “BTS tahu cara menggunakan benda-benda ini.”

Sementara itu, beberapa penggemar mengatakan bahwa Jungkook banyak menggunakan produk perawatan kulit dan memiliki semua produk merek tersebut di meja riasnya. Beberapa penggemar berpikir itu bisa diberikan kepadanya oleh Hyb melalui “saluran belakang” untuk kepercayaan dan branding.

3. Kebalikan

Selain itu, platform fandom Weverse milik Hybe juga diharapkan dapat terhubung dengan budaya tersebut. Sebuah perusahaan bernama Weavers Mind menjalankan sekolah otak terkenal bernama Brain Study. 

Penelitian Otak dikenal sebagai bagian dari aliran sesat Dahn World, dan banyak orang mengatakan bahwa mereka mempraktikkan ajaran Dahn World, termasuk meditasi. Banyak orang tua yang disebut polos karena tidak mengetahui bahwa pusat pelatihan mental adalah agama.

Netizen mengira Weavers diberi nama Weavers Mind karena “Weavers” dan “Weavers” ditulis dengan cara yang sama dalam bahasa Korea. Weaver’s Mind, sebaliknya, membantah bahwa mereka terlibat dalam aliran sesat dengan memposting di media sosial mereka. Meski mendapat bantahan, netizen masih sulit mempercayainya.

“Ini adalah Weaver’s Mind, sebuah perusahaan pendidikan. Kami tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan yang disebutkan. Klaim ini tidak benar dan kami akan mengambil tindakan hukum,” tulis Brain Study.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Presiden Jokowi Berharap Microsoft Bangun Pusat Riset di IKN
Next post Smash Petir Megawati Makan Korban Pemain Timnas Korea Selatan