Kemarau Picu Tingginya Polusi Udara, Buya Yahya Ajarkan Cara Meminta Hujan dengan Salat Istisqa

Read Time:1 Minute, 41 Second

JAKARTA – Peneliti iklim dan lingkungan Universitas Gajah Mada Emilia Nurjani menjelaskan, pada musim kemarau dan hujan, rendahnya udara dan angin mempengaruhi tingkat polusi.

“Secara teori, hal ini benar karena saat hujan, udara panas meleleh di dalam air dan jatuh ke tanah untuk membersihkan udara kembali.” Kondisi sekarang sudah lama tidak hujan, kelembapan berkurang, ketersediaan udara ini meningkat,” jelas laman UGM seperti dilansir Rabu, 24 Agustus 2023.

Buya Yahya, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahja mengatakan, ketika terjadi kemarau, hujan reda, udara haus atau tercemar, hendaknya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa.

“Cara istiska ada tiga tingkatan, yang pertama pertanyaan, yang kedua doa khusus saat membaca khutbah Jumat, bisa juga ikut nazila kunut saat shalat, dan yang ketiga doa istiska,” ujarnya. Buya Yahya ditemukan pada Kamis 24 Agustus 2023.

Buya mengatakan, sebelum melaksanakan salat Istiska, imam hendaknya meminta jamaah untuk bertaubat atau memohon ampun kepada Allah Ta’ala. Sebab, menurut dia, cerita-cerita tadi adalah tentang berhentinya hujan karena dosa masyarakat.

Sebelum melaksanakan shalat Istiska, umat Islam dianjurkan untuk bersedekah, memohon ampun kepada orang yang zalim dan berpuasa selama tiga hari. Pada hari keempat, seseorang dapat menunaikan shalat Istisha. Namun disarankan untuk tidak memakai pakaian mewah.

“Bukan hajatan, kalau hajatan menunjukkan kegembiraan, tapi (sholat istis) menunjukkan kesedihan,” kata Buya.

“Kemudian imam dan masyarakat boleh shalat dua rakaat, 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali pada rakaat kedua, setelah dua kunci dan khutbah dibacakan setelah shalat. doa tanda pengenal,” lanjutnya.

Dalam khotbahnya, khatib disarankan untuk menekankan pengampunannya. Doa yang dibacakan dengan harapan Allah akan menurunkan hujan, misalnya:

.

Yaitu: “Ya Tuhan, kirimkanlah kepada kami air hujan yang lembut, subur, deras, melimpah, merata, melimpah dan selalu bermanfaat.”

“Allahummarfa’’ annal jahda wal ju’a wal’ura, waksyif’ annal bala’a ma la yaksyifuhu ghairuka,”

Artinya, “Ya Allah, hilangkanlah dari pundak kami rasa sakit kelaparan, kelaparan, dan melahirkan. Hapuskan dari kami musibah yang hanya Engkau yang mampu mengatasinya. Aturan bagi wanita bercadar dalam shalat menurut Islam, UAS dan Buya Yahya mengatakan. Doa Wanita – Aturan dalam Islam Salah satu aturannya adalah harfam.co.id.co

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hyundai Siapkan 2 Mobil Baru di IIMS 2024
Next post Kejagung: Emas Antam 109 Ton Asli, Bukan Emas Palsu