Kemenkes: Pemudik dengan Hipertensi Terbanyak Ditemukan di Pos Kesehatan Mudik

Read Time:1 Minute, 18 Second

harfam.co.id, hingga 8 April 2024, sebanyak 822 pengungsi yang kembali telah dilayani berdasarkan laporan kepulangan Kementerian Kesehatan RI di 38 Puskesmas provinsi.

Diantaranya, dewasa 672 orang, anak-anak 102 orang, dan lansia 48 orang. Berdasarkan keluhan orang dewasa dan lanjut usia, penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang paling banyak diderita. Tekanan darah tinggi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah berada pada angka 130/80 mmHg atau lebih.

Setelah itu, gangguan kesehatan lain pada orang dewasa antara lain nyeri otot, sakit kepala, flu, dan maag atau sakit perut.

Pada saat yang sama, sebagian besar pasien anak menderita flu, nyeri otot, sakit perut, dan diare. Seluruh pasien mendapat perawatan sesuai SOP yang berlaku.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Dr Mohd Syahril SPP mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan fisik dan mental selama perjalanan pulang agar tetap aman, sehat, dan sampai tujuan dengan selamat.

“Tetap sehat dan gunakan surat kesehatan dalam perjalanan pulang secara gratis jika diperlukan. “Jika diperlukan rujukan, BPJS Kesehatan akan menanggung biaya peserta,” saran Syahril dalam keterangan tertulis yang diperoleh harfam.co.id.

Kementerian Kesehatan telah memperingatkan fasilitas kesehatan untuk mengatasi masuknya warga yang kembali pada Idul Fitri 2024. Sebanyak 15.705 Puskesmas disiagakan di 38 provinsi yang meliputi 10.147 Puskesmas, 3.186 Rumah Sakit, 352 Pusat Keamanan Publik (PSC), dan 51 Puskesmas. Pusat Karantina (BKK) dan 1.569 pos layanan kesehatan dalam perjalanan pulang.

Titik pelayanan kesehatan didirikan pada pintu keluar tol, jalur tol yang digunakan, jalan tol atau jalur bebas tol, tempat tujuan wisata, tempat ibadah, terminal, stasiun, bandar udara, dan penyeberangan pelabuhan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Kereta Api Hidrogen Pecahkan Rekor Dunia, Tempuh Jarak 2.803 Km Sekali Isi
Next post Raffi Ahmad Ungkap Rasa Lelah, Dikaitkan dengan Kasus TPPU Terus Menerus