harfam.co.id – Membeli barang secara online semakin menjadi preferensi dan pilihan berbelanja masyarakat. Selain menghemat waktu dan tenaga, belanja online juga semakin dinikmati karena beragamnya produk dari berbagai penjual dan kemudahan dalam mencari barang yang diinginkan. Saat kita berbelanja dan pesanan sudah sampai, terkadang ternyata pesanan yang datang tidak sesuai atau bahkan kita berubah pikiran dan ingin mengembalikan produk tersebut. Sebagai perusahaan e-commerce yang berupaya memahami kebutuhan masyarakat Indonesia, Shopee terus mengeksplorasi dan menciptakan solusi yang dapat meningkatkan pengalaman belanja online pengguna dengan meluncurkan inovasi terkini.
Shopee telah merilis program terbarunya, Garansi Pengembalian Gratis, yang memungkinkan pembeli mengembalikan barang jika berubah pikiran. Melalui program ini, pembeli dapat dengan mudah mengembalikan barang, tidak hanya jika barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, tetapi juga jika pembeli berubah pikiran setelah menerima barang. Hal ini tentunya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh pihak shopee. Program Shopee ini disambut hangat dan antusias oleh para pembeli! Bagaimana itu? Hal ini menjawab keraguan banyak orang yang masih ragu dan ragu ingin berbelanja barang secara online. Lalu bagaimana dengan penjualnya? Benarkah program ini hanya menguntungkan pembeli?
Di sisi lain, jaminan retur gratis mendapat beragam tanggapan berbeda dari penjual. Ada yang mendukung program ini karena membuka lebih banyak peluang untuk menarik pembeli baru dan meningkatkan kemungkinan pembelian berulang. Namun, ada juga yang meragukan kebijakan mereka. Pasalnya, mereka skeptis terhadap program ini dan merasa program ini hanya akan memberikan keuntungan bagi pembeli, ditambah lagi mereka khawatir dengan biaya tambahan yang mungkin dibebankan kepada penjual.
Melihat gambaran besarnya, menukar barang saat aktivitas berbelanja adalah hal yang lumrah bukan? Lalu dimana titik permasalahannya? Merasa cemas terhadap hal-hal baru yang belum kita pahami sepenuhnya adalah hal yang wajar. Nah, dari pada salah paham, yuk simak lebih dekat program Jaminan Pengembalian Gratis untuk penjual.
Berikut 4 kesalahpahaman yang masih sering terjadi dalam program ini;
1. “Ini kerugian bagi penjual!” Jika hanya satu produk dari sekian banyak konsumen yang ingin meminta retur, apakah semua barang harus dikembalikan?
Siapa yang mengatakan itu? Mulai tanggal 15 Februari, pembeli tidak perlu lagi mengembalikan semua barang yang dibeli jika ingin menggunakan jaminan pengembalian gratis. Demi kenyamanan bersama, pembeli kini hanya dapat meminta pengembalian dalam jumlah tertentu.
Nah, tentu saja update ini menghasilkan uang! Karena proses dan penggunaan Jaminan Retur Gratis menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa barang yang tidak termasuk dalam permintaan pengembalian/pengembalian dana Anda akan tetap dijual.
2. “Merugikan penjualnya!” Saya telah terkena biaya pengiriman beberapa kali! “
Tahukah kamu? Jadi dalam program Change Your Mind Free Return Guarantee, penjual tidak perlu menanggung biaya pengiriman produk untuk pengembalian pembeli lho! Hingga akhir bulan Maret, jika penjual diketahui dikenakan biaya pengiriman untuk pengembalian barang dagangan yang “berubah pikiran” di bawah program Jaminan Pengembalian Gratis, Shopee akan mengembalikan biaya pengiriman ke kredit penjual dalam waktu 1-3 hari tanpa melakukan apa pun. Jadi. Untuk mengirimkan semua lamaran.
Kedepannya, mulai April 2024, Shopee akan menanggung biaya pengembalian barang dan pengembalian dana seluruh alasan ‘Berubah Pikiran’. Sistem Shopee tidak akan secara otomatis memungut biaya pengiriman dari penjual.
3. “Kerugian buat penjualnya!” Hal ini bisa menjadi celah bagi pembeli untuk melakukan penipuan saat mengembalikan barang!
Tenang saja, agar program ini menguntungkan semua pihak dan tidak merugikan pihak manapun, Shopee memiliki sistem untuk memantau kinerja setiap akun untuk mengurangi penipuan dalam proses pengembalian gratis. Apabila pembeli dengan sengaja melakukan penipuan dan mengembalikan barang dengan cara yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka penjual berhak menolak permintaan pembeli untuk mengembalikan barang tersebut. Penjual dapat mengajukan banding jika terbukti pembeli melanggar ketentuan program retur gratis. Penjual juga disarankan untuk melakukan video unboxing pada saat penerimaan barang dari pembeli untuk dijadikan bukti sah saat mengajukan banding.
Luar biasa! Hanya pembeli yang memenuhi persyaratan yang dapat memanfaatkan program jaminan pengembalian gratis. Shopee akan memblokir pembeli yang tidak memenuhi persyaratan atau diketahui menyalahgunakan program ini.
4. “Kerugian buat penjualnya!” Mengapa kita harus menyerah saja? Misalnya banyak orang yang mendapatkan barangnya kembali, belum lagi ada paket yang hilang atau rusak saat dikembalikan kepada kami, padahal barang tersebut awalnya baik-baik saja. Apakah ulasan Shopee adil?
Intinya, Shopee akan terus mengedukasi pembeli mengenai syarat dan ketentuan Program Jaminan Pengembalian Gratis, apakah menjaga kondisi produk saat dikirim, kemasan produk termasuk label produk/merek harus tersegel dengan baik, dll. Bahkan, pihak shopee juga memberikan kesempatan kepada penjual untuk mengajukan banding atas keputusan agen shopee setelah menerima pengembalian produk dari pembeli. Shopee juga terus berupaya melakukan penyempurnaan terhadap SOP yang ada sebagai panduan bagi agen untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat terkait permintaan barang/pengembalian.
Jika penjual mengalami kendala dalam mengajukan banding, harap menginformasikan kepada tim layanan pelanggan Shopee dan jika penjual terbukti benar dan memenangkan banding, maka penjual akan menerima kembali hasil penjualan dan biaya pengiriman.
Kini tidak perlu ragu untuk membeli barang secara online karena program jaminan pengembalian gratis ini bermanfaat bagi pembeli dan penjual. Software ini juga dapat membantu penjual dalam membidik calon pembeli dan juga dapat meningkatkan pembelian berulang karena tingkat kepuasan pembeli yang lebih tinggi. Hindari pemborosan! 5 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Tren Belanja Online Berbelanja online tanpa boros! Temukan 5 tips jitu mengatur keuangan rumah tangga agar tetap hemat meski tergiur promo dan diskon menarik. Baca selengkapnya! harfam.co.id.co.id 25 Desember 2024