Konser Musisi Internasional Makin Marak di Indonesia, Digitalisasi Perizinan Event Diharapkan Segera Diresmikan

Read Time:3 Minute, 35 Second

harfam.co.id, Jakarta – Sejumlah musisi internasional akan segera tampil di Indonesia. Banyaknya konser musisi mancanegara menjadi pertanda kualitas penampilan di Indonesia semakin meningkat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi fenomena tersebut. Ia mengungkapkan banyaknya konser musik internasional di Indonesia tidak hanya berdampak pada sektor pariwisata, tetapi juga menjadi peluang untuk memperkuat sektor perekonomian Indonesia.

“Semakin banyak konser internasional seperti ini, semakin baik bagi subsektor perekonomian kita,” kata Sandiaga Uno dalam pengarahan mingguan bersama Sandia Uno di kantor Kemenparkeraf, Senin, 3 Juni 2024.

Beberapa konser musisi dunia yang akan digelar di Indonesia adalah konser grup musik All 4 One dan David Foster. Konsernya akan segera berlangsung pada 15 dan 23 Juni 2024 di Jakarta dan BSD.

Pria yang akrab disapa Sandi ini pun mengungkap kesannya terhadap musisi dunia yang tampil di Indonesia. Euforia para penggemar diyakini membuat banyak musisi dunia bolos dan kembali tampil di Indonesia.

“Saya kira hampir semua musisi (internasional), termasuk Coldplay, pernah bilang kepada saya bahwa mereka belum pernah merasakan energi (positif) seperti ini,” kata Sandi.

Adapun konser David Foster yang bertajuk “Hitman Returns: David Foster & Friends 2024” ini akan menampilkan penyanyi dan musisi papan atas dalam dan luar negeri seperti Brian McKnight, Josh Groban, Jessie J, Afgan, dan Rossa, menurut Sandi, berpotensi mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Pasalnya Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi David Foster, Josh Groban dan Jessie J dalam konser yang dipromosikan Color Asia Live ini.

 

“Akan tayang tanggal 15 Juni 2024 di ICE BSD dan saya sangat terkesan karena David Foster suka sekali ke Indonesia, beliau sudah berkali-kali kesini. Tentunya setiap acara pasti membawa banyak manfaat dan keberkahan,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiago.

Sementara itu, sutradara Color Asia Live David Ananda mengatakan antusiasme David Foster bukan tanpa alasan. Musisi asal Kanada itu sangat senang dan menikmati penampilannya di Indonesia.

David Foster mengatakan, masyarakat Indonesia banyak yang menikmati musiknya. Penonton yang datang juga banyak dan kebanyakan bertepuk tangan, kata David Ananda. Hal serupa diungkapkan salah satu penyanyi yang tampil di konser ini, Jessie J. Penyanyi asal Inggris ini mengatakan, Indonesia merupakan ruang konser yang menyenangkan baginya.

“Walaupun cuaca di Indonesia sangat panas, namun saya senang karena kebaikan masyarakat Indonesia. Keramahan ini tidak bisa saya temukan di tempat lain,” ujar Jessie yang hadir secara online. Tak hanya tampil di konser, menurut David Ananda, penyanyi asal Inggris itu sudah berada di Indonesia untuk berlibur bersama keluarganya di Bali.

 

Mengingat semakin banyaknya konser musik yang diikuti musisi luar negeri, Sandi berharap bisa segera meluncurkan aplikasi digitalisasi perizinan acara yang sudah lama digarap. Jika perizinan konser semakin dipermudah, diharapkan event konser semakin meningkat dan tentunya dapat membuat pariwisata semakin digemari.

“Kami berharap digitalisasi perizinan konser ini segera diluncurkan. Ternyata sudah memasuki tahap final, sehingga kami berharap segera diresmikan agar perizinan lebih mudah dan nyaman,” kata Sandi.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Kegiatan Organisasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu mengungkapkan banyaknya konser internasional di Indonesia menunjukkan bahwa ekosistem dan atmosfer Tamah Air cocok untuk menyelenggarakan acara berskala global.

Hal ini patut dipertahankan dan dapat menjadi momentum peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dan perputaran perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu, Kemenparekraf mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Dari sisi pariwisata disebutkan jumlah wisman meningkat 30-40 persen. Kami siap mendukung dan memfasilitasi penyelenggara, jelasnya. Vinsensius.

Musisi dunia lainnya yang akan tampil di Indonesia adalah Dua Lipa. Tahun ini ia akan menggelar konser di Jakarta. Konser Dua Lipa di Jakarta bertajuk Radical Optimism Tour akan digelar pada 9 November 2024 dan digelar di Indonesia Arena – Senayan. Live Nation, TEM Presents dan PK Entertainment menjadi promotor konser tersebut.

Dalam keterangan yang diterima tim Lifestyle harfam.co.id, tiket konser penyanyi asal Inggris itu sudah bisa didapatkan mulai Senin, 10 Juni 2024 pukul 10.00 WIB di situs resmi dualipainjakarta.com. Konser tersebut merupakan bagian dari tur Asia Dua Lipa yang dimulai di Singapura pada 6 November 2024 dan akan dilanjutkan di Jakarta, Manila, Tokyo, Taipei, Kuala Lumpur, Bangkok, sebelum berakhir di Seoul pada 4 Desember 2024.

Pengumuman tur konser ini menyusul perilisan album ketiga Dua Lipa, Radical Optimism, yang langsung menempati posisi pertama. 1 dari 11 negara termasuk Inggris. Di Inggris Raya, album ini menjadi album debut terbesar artis Inggris pada tahun 2024 dan mencatat penjualan minggu pertama terbesar artis Inggris sejak tahun 2021.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Anak-Anak Lebih Rentan Terkena Infeksi Telinga, Cari Tahu Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegahnya
Next post 9 Rekomendasi HP Rp 3 Jutaan Spek Tinggi Terbaik Oktober 2022, Kualitas Mumpuni