Konten Premium dan Lokal Berkualitas, Kunci Kesuksesan Vidio Taklukan Hati Pengguna

Read Time:3 Minute, 9 Second

harfam.co.id, Jakarta – Layanan streaming OTT lokal Vidio mencatatkan prestasi gemilang. Perlu diketahui, banyak review yang menunjukkan bahwa Vidio merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati konten premium.

Salah satu analisis Data.AI 2023 mencatat Vidio menjadi platform streaming dengan jumlah unduhan terbanyak. Bahkan, layanan OTT ini mengungguli YouTube dalam jumlah unduhan di Indonesia.

Lebih lanjut, menurut laporan Data.AI, Vidio.com juga menunjukkan kekuatannya dengan berhasil menjadi platform streaming video terbaik berdasarkan nilai belanja konsumen.

Terkait pencapaian tersebut, Dirjen Vidio Hermawan Sutanto mengatakan, keberhasilan Vidio menggaet pengguna menjadi bukti bahwa layanan streaming lokal mampu bersaing, bahkan mengalahkan platform OTT besar.

“Pencapaian Vidio menjadi bukti layanan OTT lokal mampu menjadi platform streaming dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia bahkan melampaui layanan OTT global,” kata Sutanto dalam acara Vidio Goes to School di President University Cikarang, Rabu (8). ). /5/2024).

Sutanto juga menyoroti industri streaming OTT di negara tetangga yang didominasi oleh layanan luar negeri seperti Netflix, Amazon Prime, dan Disney+ Hotstar.

“Melihat data pengguna layanan OTT di negara tetangga, hampir semuanya dikuasai oleh perusahaan asing, seperti negara-negara ASEAN yang semuanya dikuasai oleh Netflix. Faktanya, di negara-negara seperti Jepang dan India, mereka dikendalikan oleh Amazon Prime. dan Disney+ Hotstar,” ujarnya.  

Dijelaskan, salah satu alasan keberhasilan Vidio menjadi layanan OTT streaming nomor satu di Indonesia adalah aplikasi teknologi terbaiknya, sehingga mampu menyajikan acara live streaming yang bisa disaksikan di jutaan perangkat tanpa kendala. . .

Berkat penerapan teknologi terkini, siaran olahraga Vidio bisa disaksikan langsung oleh jutaan pengguna tanpa buffering.

Misalnya saja pada tayangan Piala Dunia FIFA 2022, Vidio mencatat trafik data yang sangat besar, hingga 3 TBps, dengan jumlah penonton 7 juta penonton.

Tak hanya di ajang tahunan, tayangan Liga Inggris di Vidio juga bisa disaksikan secara bersamaan tanpa penundaan. Tercatat, Vidio mampu menangani 2 juta stream EPL tanpa kendala apa pun.

Selain menggunakan teknologi canggih, Vidio juga mengandalkan lebih dari 200 pekerja lokal untuk membangun platform OTT kelas dunia guna memberikan kenyamanan terbaik kepada pengguna. 

Vidio sendiri sukses menggelar acara Vidio Goes to Campus (VGTC) di President University Cikarang, Bekasi. Acara ini dihadiri langsung oleh Dirjen Video Hermawan Sutanto dan News Anchor Liputan6 Beverly Gunawan.

Video Goes to Campus ini dilaksanakan di Auditorium Charles Himawan Presidential University. Acara ini disambut dengan antusias oleh para mahasiswa President University yang hadir dan merasa senang menerima materi yang telah disiapkan.

Rektor Universitas Handa S. Abidin mengaku sangat senang dengan acara Vidio Goes to Campus.

“Materi yang disampaikan pada acara hari ini mendapat antusias dari para mahasiswa, penyampaiannya interaktif dan diapresiasi oleh para mahasiswa,” kata Handa kepada Tekno harfam.co.id di Universitas Kepresidenan Cikarang, Rabu (08/05/2024).

Ia menambahkan, kesuksesan Vidio.com yang merupakan platform OTT (Over-The-Top) yang paling banyak digunakan di Indonesia dapat menjadi pembelajaran menarik. 

Upaya Vidio.com ini dapat menjadi studi kasus yang dapat menginspirasi industri lokal untuk bersaing dengan perusahaan global,” kata Handa.

Rektor Fakultas Manajemen Universitas, Dr. Irwan Permana pun menyampaikan pendapatnya mengenai acara yang digelar Video tersebut.

Ia yakin dengan strategi dan pendekatan yang kuat, bisnis lokal dapat memenangkan hati pengguna dan memenangkan persaingan.

“Di banyak negara, beberapa perusahaan lokal menarik lebih banyak pengguna untuk menggunakan produk lokal dibandingkan produk luar negeri,” kata Iman.

Acara Video Goes to Campus di President’s University mendapat antusias yang besar dari para mahasiswa.

Pantauan Tekno harfam.co.id, ia tampak memperhatikan setiap materi yang disampaikan dan bisa berbincang langsung dengan sutradara Vidio Hermawan Sutanto dan presenter berita Liputan6 Beverly Gunawan.

Selain itu, rasa ingin tahu mahasiswa terhadap industri media yang saat ini sedang mengalami perubahan dan pilihan untuk menikmati konten semakin meningkat.

Diharapkan dengan adanya acara ini, mahasiswa dapat memahami seluk beluk bisnis OTT di Indonesia dan dunia, serta mempelajari bagaimana perusahaan lokal seperti Vidio dapat bersaing dan menjadi platform OTT yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Viral Guru di Samosir Gunduli Rambut Siswanya, Wakapolres: Permasalahan Sudah Selesai
Next post aespa dan NewJeans Tetap Akur di Tengah Isu Konflik, Terlihat Saling Sapa di Belakang Panggung