Kualitas Udara jadi Sorotan Erick Thohir, Ada Apa?

Read Time:3 Minute, 34 Second

harfam.co.id, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir selalu menekankan pentingnya kesehatan ibu hamil dan hubungannya dengan lingkungan, terutama kualitas udara. Kesehatan ibu merupakan faktor penting yang mempengaruhi tidak hanya generasi saat ini, namun juga generasi mendatang.

Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN Tsamary Amana. Menurutnya, upaya ini merupakan komitmen Menteri Erick Thohir untuk mendukung kesejahteraan perempuan dan anak.

“Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak rentan terhadap pencemaran lingkungan dan dampak terburuk kehamilan adalah keguguran, kelahiran prematur, dan lahir mati,” kata Tsamara, Jumat (29/3/2024).

Sebab, kata Tsamara, perempuan, khususnya ibu, mempunyai peranan penting dalam permasalahan kesehatan dan lingkungan hidup.

Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk menyadari dampak polusi dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan tersebut. Hal ini termasuk mendukung kebijakan yang mengurangi polusi udara, mempromosikan praktik ramah lingkungan di rumah dan di tempat kerja, dan berpartisipasi dalam proyek ramah lingkungan.

“Bapak Erick Thohir selaku Menteri BUMN mengeluarkan kebijakan wajib pengasuhan anak yang tidak hanya mendukung ibu bekerja untuk memenuhi peran gandanya tetapi juga menjamin lingkungan yang sehat dan aman bagi anak-anaknya.” lingkungan hidup sebagai landasan keberhasilan sosial dan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu, Jakarta kerap disebut sebagai kota dengan udara terburuk di Indonesia. Pembakaran oleh masyarakat berkontribusi terhadap polusi hiperlokal.

Selama bulan Ramadhan, sampah diperkirakan akan meningkat karena perubahan konsumsi manusia dan pembatasan layanan pengangkutan sampah. Hal ini dapat meningkatkan pembakaran sampah, seperti yang ditunjukkan oleh survei BPS tahun 2022, dimana 65,54 persen dari 75 ribu rumah tangga bersedia membakar sampahnya.

Berawal dari isu ini, Talking Air, sebuah organisasi nirlaba yang aktif dalam pendidikan publik, penelitian dan kolaborasi, serta mendengarkan dan mengadvokasi pemerintah mengenai polusi udara; bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menerbitkan Modul Pencemaran Udara dan Stunting sebagai pedoman dan panduan bagi para ibu dan remaja putri muslim untuk menekankan pentingnya kebijakan yang tepat dan pengendalian pencemaran udara.

Pakar nasional Air Talk, Primadita Rahma, mengatakan pihaknya telah membuat modul pencemaran udara dan stunting sebagai bagian dari edukasi masyarakat untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau yang selanjutnya akan mempengaruhi kualitas udara.

“Kami berterima kasih atas dukungan Kementerian BUMN dan bantuan rekan-rekan yang membantu terselenggaranya acara ini. Kami berharap modul ini dapat diperluas sehingga masyarakat mengetahui berbagai risiko penyakit menular.” paru-paru akibat polusi udara,” pungkas Prima.

Staf Khusus (Staf) III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan Kementerian BUMN mengapresiasi tindakan Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam mengungkap kasus korupsi pengelolaan. dari perdagangan timah. Dalam izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Dalam kasus ini, suami Sandra Dewi, Harvey Moeis pun ditetapkan sebagai tersangka.

Arya mengatakan, permasalahan pencurian piring ini sudah ada sejak lama, namun belum terdeteksi. Kementerian BUMN juga mengapresiasi langkah Kejaksaan Agung dalam mengungkap aktivitas tambang timah.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Kejaksaan Agung ini, sehingga tidak heran mereka akan mempublikasikan semuanya dengan tertib dan melibatkan pihak-pihak yang membawa kaleng tersebut ke IUP PT Timah,” kata Arya Jakarta, Kamis. .

Dia mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir, Cabang BUMN telah menghubungi Kejaksaan Agung untuk menyelidiki pencurian dan pengambilan timah dari IUP PT Timah.

“Kami memang sudah mengetahuinya dan kami sedang berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung yang dalam beberapa bulan terakhir mengusut pencurian atau penambangan timah,” ujarnya.

Arya mengatakan IUP PT Timah merupakan yang terbesar di Provinsi Bangka Belitung. Namun, dia menegaskan, banyak perusahaan yang wilayah penambangannya kecil namun produksi timahnya lebih besar.

Kejaksaan Agung terus memaparkan dugaan tindak pidana korupsi pada sistem tata niaga komoditas timah di wilayah izin usaha pertambangan PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Harvey Moeis yang merupakan suami penyanyi Sandra Dewi baru-baru ini ditetapkan sebagai tersangka.

Penetapan suami Sandra Dewi sebagai tersangka kasus korupsi timah diungkapkan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung Kuntadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/ 27/2024).

Kuntadi lantas ditanya berapa kerugian pemerintah dalam kasus mega korupsi timah ini. Negara ini mengalami kerugian besar

Usut punya usut, kasus korupsi suami Sandra Dewi ini mengungkap kerugian yang sangat besar.

Kejaksaan Agung (Kejagung) melaporkan kerugian lingkungan hidup akibat korupsi mencapai Rp 271 triliun.

Angka tersebut berdasarkan perhitungan ahli ekologi IPB Bambang Hero Saharjo.

Berdasarkan keterangan pakar lingkungan hidup dan pendidikan IPB Bambang Hero Saharjo, nilai kerugian ekologi atau kerusakan ekologi yang ditimbulkan dalam kasus ini sebesar Rp 271.069.688.018.700,-, kata Kuntadi dalam keterangan tertulis yang ditulis, Kamis (28/3/2024). .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Manfaat Kumpul Keluarga Saat Lebaran, Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental
Next post Manchester United Harus Bayar Mahal demi Rekrut Titisan Raphael Varane di Musim Panas 2024