Lebih dari Sekedar Fisik, Kepribadian yang Jujur Meningkatkan Daya Tarik Seseorang

Read Time:2 Minute, 41 Second

harfam.co.id, Jakarta – Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang wajahnya biasa saja namun kecantikannya luar biasa?

Rahasianya mungkin terletak pada karakter mereka. Beberapa ciri kepribadian meningkatkan daya tarik seseorang dan membuat orang lain lebih menarik.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kecantikan lebih dari sekedar fisik. Studi tahun 2023 di PLOS One menemukan bahwa kejujuran adalah ciri kepribadian yang paling terkait dengan kecantikan reflektif.

Temuan ini menunjukkan bahwa kepribadian berperan penting dalam daya tarik seseorang. Orang jujur ​​lebih menarik dan dapat dipercaya, sehingga meningkatkan daya tarik mereka secara keseluruhan. Kejujuran dapat mempengaruhi persepsi orang lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wajah seseorang bisa dianggap lebih menarik jika dikaitkan dengan kepribadian yang jujur. Dalam penelitian ini, peserta disuguhkan deskripsi kepribadian berbeda yang dipadukan dengan foto wajah. Pernyataan tersebut dirancang untuk menggambarkan orang yang jujur ​​dan dapat dipercaya atau orang yang tidak jujur.

Peserta diminta menilai daya tarik fisik wajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wajah yang dikaitkan dengan deskripsi kepribadian jujur ​​dinilai lebih menarik dibandingkan wajah yang dikaitkan dengan deskripsi kepribadian tidak jujur. Temuan ini konsisten untuk pria dan wanita, dan terlihat glamor terlepas dari apa yang dikenakan orang di foto tersebut.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior juga menemukan bahwa kejujuran menjadi salah satu faktor kunci yang meningkatkan daya tarik seseorang. Para peneliti menggunakan metode yang sama dengan penelitian sebelumnya dan sampai pada kesimpulan yang sama.

Penelitian ini juga mengkaji ciri-ciri kepribadian lain seperti kreativitas dan agresi. Kreativitas tidak ditemukan mempengaruhi daya tarik fisik, sedangkan agresivitas menurunkan daya tarik wajah laki-laki, namun daya tarik wajah perempuan tidak terpengaruh oleh sifat tersebut.

Temuan ini menunjukkan bahwa kejujuran menjadi faktor yang lebih besar dalam menilai penampilan seseorang dibandingkan karakteristik lainnya. Kejujuran tidak hanya membuat seseorang menarik secara fisik, tetapi juga membuat dirinya terlihat “sehat”, “baik hati”, dan “feminin”.

Tahun Sebuah penelitian pada tahun 2023 menunjukkan bahwa seseorang dianggap lebih menarik setelah mengetahui seberapa jujurnya mereka, dan sebaliknya. 

Namun penelitian lain menunjukkan bahwa ekspresi wajah tertentu dapat membuat seseorang tampak lebih jujur ​​dan dapat dipercaya, bahkan sebelum orang tersebut berbicara. Tahun Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa empat fitur wajah yang dikaitkan dengan kebanggaan adalah alis yang tinggi dan dalam, tulang pipi yang menonjol, dagu yang lebar, dan hidung yang rata.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kesamaan dapat mempengaruhi penilaian kejujuran. Tahun Sebuah penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa orang memercayai wajah yang mirip dengan dirinya. Hal ini mungkin terkait dengan teori bahwa orang lebih tertarik pada orang yang memiliki kesamaan dengan mereka.

Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa persepsi kejujuran dan daya tarik wajah menggabungkan faktor intrinsik dan ekstrinsik, karakteristik intrinsik, fitur wajah, dan kemiripan.

Penampilan seringkali menjadi faktor penentu penilaian pertama seseorang. Namun bertindak jujur ​​adalah strategi yang meningkatkan ketertarikan dan memperkuat hubungan.

Namun bagaimana cara menunjukkan kejujuran saat bertemu orang baru? Oleh Dr. Daniel Gill dari Universitas Glasgow telah menunjukkan bahwa gerakan wajah tertentu dapat meningkatkan persepsi dapat dipercaya.

“Ada gerakan dasar wajah yang dikaitkan dengan perilaku sosial tertentu, dan gerakan tersebut dapat mengatasi perasaan negatif orang lain terhadap wajah seseorang,” kata Dr. Gil.

Penelitian menunjukkan bahwa tindakan tertentu dapat membuat wajah tampak lebih dapat dipercaya, seperti mengangkat alis dan tersenyum. Ekspresi wajah yang lembut dan ceria mudah dianggap baik dan jujur, jika tidak datar atau sopan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Genjot Investasi di Vietnam
Next post Viral Guru di Samosir Gunduli Rambut Siswanya, Wakapolres: Permasalahan Sudah Selesai