Manfaat Air Rebusan Okra untuk Kalangan Usia 30-an, Begini Cara Membuatnya

Read Time:3 Minute, 26 Second

harfam.co.id Lifestyle – Usia 30-an adalah awal dari penerapan gaya hidup sehat. Mereka menyadari kondisi fisiknya sudah tak lagi kuat dan bugar seperti saat berusia 20-an. Bahkan ada yang melaporkan bahwa mereka cepat lelah dan mulai mengeluhkan berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan penyakit orang tuanya seperti kolesterol dan asam urat. 

Alasan inilah yang menjadi titik awal kesadaran untuk menghilangkan gangguan kesehatan agar tidak semakin parah. Selain itu, masyarakat yang berusia di atas 30 tahun juga mulai melakukan tindakan pencegahan jangka panjang untuk melindungi kesehatannya. 

Beberapa perbaikan yang dilakukan orang-orang berusia 30-an untuk mendapatkan kembali kesehatannya termasuk berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah kacang-kacangan okra yang kaya akan vitamin C dan nutrisi lain yang dapat menunjang kebugaran.

Okra biasanya diolah dengan cara digoreng atau dimasak dengan bumbu yang kuat, seperti kari. Menurut Times of India, merendam okra dalam air dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat berendam dalam air okra

1. Pencegahan penyakit kencing manis

Diabetes merupakan penyakit yang semakin meningkat setiap tahunnya. Kebiasaan makan fast food, minum minuman manis dan jarang berolahraga merupakan faktor risiko gangguan gula darah. Sayangnya, gaya hidup modern justru memicu berkembangnya berbagai penyakit ganas. 

Okra mengandung serat larut yang mengatur gula darah dan memperlambat penyerapan gula di usus. Journal of Medicine melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa biji dan polong okra dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Minum jus okra rebus secara rutin merupakan cara efektif mencegah dan menangani diabetes bagi orang berusia 30-an.

2. Menghilangkan masalah sistem pencernaan

Masalah gastrointestinal seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengingat usia 30 tahun masih merupakan kelompok yang aktif dan produktif. Lendir dalam okra memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan dan membantu memperlancar buang air besar sehingga mencegah sembelit.

Menurut Journal of Food Science and Technology, lendir pada okra berperan sebagai pelumas alami di usus. Ini justru meningkatkan produktivitas sehingga Anda lebih aktif dan sehat.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Okra mengandung vitamin C (flavonoid) dan antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi imun tubuh agar lebih optimal. Vitamin C ini membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan respon imun. 

Mengonsumsi air rendaman okra dianggap sebagai praktik penting untuk tetap bugar. Mengingat usia 30 tahun mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan dan keluarga. Menjaga kesehatan adalah kunci untuk menghadapi berbagai tuntutan tersebut.

4. Mencegah penyakit jantung

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit kardiovaskular pun meningkat. Sejak usia 30 tahun, penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan menjalani pola hidup sehat. 

Air rebusan okra membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran hijau ini kaya akan serat yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dimana kelebihan kolesterol dapat menyebabkan komplikasi jantung dan stroke.

Kandungan antioksidan pada okra membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung. Konsumsi jus okra secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan melindungi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

5. Suplemen alami untuk kesehatan tulang

Memperhatikan kesehatan tulang tidak hanya dilakukan pada masa kanak-kanak. Orang berusia 30-an juga harus mulai merawat tulangnya. Sebab kepadatan tulang menurun seiring bertambahnya usia. Ini berarti peningkatan risiko terkena osteoporosis.

Jus okra mengandung bahan penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K. Sebuah studi Bone Reports menunjukkan bahwa vitamin K pada okra merupakan sumber mineral terbaik yang dapat menjaga kekuatan, kepadatan, dan mengurangi risiko gangguan terkait tulang.

Resep air rebusan okra

Penting untuk memiliki tulang yang sehat di usia 30-an agar Anda dapat bergerak aktif dan terhindar dari cedera.  Jadi Anda bisa aktif dan bergerak bebas. Cara membuat air ajaib dari okra sangatlah mudah dan sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah air dan okra. Lihat bagaimana hal itu dilakukan. Ambil 4-5 okra segar dan cuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Potong okra menjadi potongan kecil. Siapkan segelas air, lalu masukkan potongan okra. Biarkan semalaman. Minumlah jus okra yang direndam di pagi hari untuk meningkatkan kesehatan Anda di usia pertengahan 30-an. Kritik Lemahnya Keamanan Data di PDN Soal Kemana Anggaran PKS 700 Miliar Masuk Netty Prasetiyani Aher, Anggota Komisi IX DPR RI, Soroti Lemahnya Keamanan Data Masyarakat yang Tersimpan di Pusat Data Nasional (PDN) yang Diretas ransomware. harfam.co.id.co.id 2 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pasien Penyakit Ginjal Tahap Lanjut Tidak Dianjurkan Puasa
Next post Windows 11 Tidak Akan Melacak Aktivitas Anda Jika Tanpa Persetujuan