Mengenal Menteebot, Robot AI Berukuran Manusia yang Diperintahkan dengan Bahasa Alami 

Read Time:2 Minute, 1 Second

harfam.co.id, JAKARTA – Robot seukuran manusia yang dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI), Mantibot baru-baru ini diperkenalkan. Robot ini diiklankan sebagai robot pribadi berbasis AI yang dapat Anda kendalikan.

Seperti diberitakan Engadget, Kamis (18 April 2024), robot tersebut bisa berlari, berjalan menyamping, bahkan berputar. Semuanya dilakukan dengan keseimbangan dan kendali yang sama seperti manusia.

Produsen Manti Robotics juga mengatakan pihaknya menyesuaikan gaya berjalannya saat mengangkat benda berat. Ia seharusnya bisa mengangkat benda berat tersebut dengan mudah karena ukurannya yang besar. Banyak model bahkan tidak punya kepala.

Sekarang kita sudah memiliki robot humanoid. Ada Asimo dari Honda, yang sayangnya dihentikan produksinya, dan Army of Scary Creatures dari Boston Dynamics. Agility Robotics telah membangun asisten robotnya sendiri, Digit, dan Elon Musk mengatakan Tesla sedang mengerjakan robot humanoid yang disebut Optimus.

Ada perbedaan besar antara robot yang disebutkan di atas dan ciptaan yang dapat dibimbing. Mantibot dilengkapi dengan algoritme kecerdasan buatan, model pemrosesan bahasa alami, dan perangkat lunak yang membuka “teknik pembelajaran tingkat lanjut”. Perusahaan mengatakan ini berarti robot tersebut “tidak terikat pada serangkaian perintah terbatas” dan bahkan dapat berinteraksi dengan manusia. Faktanya, pengguna memberikan perintah kepada robot dalam bahasa alami

Mantibot adalah robot dengan dua tangan dan dua kaki yang secara teoritis dapat melakukan banyak hal yang sama seperti kita. Perusahaan mengatakan Engadget dapat melatihnya untuk melakukan hal ini. Tampaknya cara kerjanya seperti teknologi AI kontroversial lainnya, Rabbit R1.

Untuk mengajari MantiBot tugas baru, Anda menjalankan versi simulasi bot melalui versi digital tugas tersebut. Software ini akan melakukan tugas tersebut berulang kali hingga mendapatkan jawabannya.

Jadi robot harus mampu menjalankan tugasnya di dunia nyata. Ini sepertinya janji yang sangat muluk-muluk, tapi kita menunggu hasil akhirnya. Engadget berharap mereka tidak menjadi mangsa teknologi AI lainnya dan melakukan apa yang diinginkannya.

Mantibot terlihat cukup pintar. Ada banyak video robot berjalan. Dia bisa berlari, dan lengan serta tangannya “memberikan jangkauan gerak penuh dan ketepatan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas kompleks”. Jadi ada video dia menyerahkan peralatan makan kepada seseorang.

Meskipun robot ini kecil kemungkinannya akan memenuhi hype awal ketika tiba pada tahun 2025, robot ini tetap terlihat cukup keren. Harganya belum diumumkan, namun dipastikan akan dibanderol jauh lebih mahal dari angka 700 USD atau sekitar Rp 11,3 juta. Ini adalah robot humanoid lincah yang memiliki berat lebih dari 150 pon atau sekitar 68,03 kg.

Menteebot tersedia dalam dua versi. Ada bot perumahan yang dipaksa melakukan pekerjaan rumah tangga dan robot komersial yang dipaksa melakukan pekerjaan manual.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Manchester United Harus Bayar Mahal demi Rekrut Titisan Raphael Varane di Musim Panas 2024
Next post DPR AS Hapus Serigala Abu-abu dari Daftar Spesies Terancam Punah