Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Read Time:1 Minute, 36 Second

harfam.co.id Lifestyle – Paskah merupakan hari keagamaan yang dirayakan oleh seluruh umat Kristen Protestan dan Katolik. Di negara kita, Paskah juga dikenal dengan nama Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Kebangkitan Yesus Kristus yang dirayakan setiap tahun.

Paskah berlangsung mulai hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama pada atau setelah bulan musim semi. Dilansir dari Britannica, Paskah berasal dari bahasa Latin Pascha dan bahasa Yunani Pascha yang berarti perayaan utama Gereja Kristen yang merayakan Kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah Penyaliban-Nya. Perayaan Paskah yang tercatat paling awal dimulai pada abad ke-2, meskipun kebangkitan Yesus mungkin terjadi lebih awal.

Paskah sering dikaitkan dengan telur. Tradisi penggunaan telur dalam perayaan Paskah mempunyai akar yang cukup dalam dan berasal dari berbagai budaya dan kepercayaan sebelumnya. Berikut alasan mengapa telur menjadi simbol yang identik dengan Paskah:

Melaporkan dari Britannica pada Jumat 29 Maret 2024 Bagi umat Kristiani, Paskah merupakan hari raya yang sangat penting. Paskah merupakan hari raya memperingati kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah penyaliban-Nya.

Meski begitu, telur masih sering dikaitkan dengan perayaan Paskah. Banyak digunakan pada zaman pra-modern dan pra-Kristen, telur dianggap sebagai simbol kesuburan dan penyembuhan.

Masyarakat Pagan di Eropa menganggap telur sebagai simbol regenerasi yang datang di musim semi. Istilah ini pertama kali digunakan oleh umat Kristiani untuk menggambarkan kehidupan baru para pengikut Kristus yang setia.

Telur juga dianggap sebagai simbol kebangkitan. Telur melambangkan kehidupan baru yang keluar dari cangkangnya, seperti Yesus bangkit dari kubur. Telur diwarnai merah dalam tradisi Ortodoks untuk melambangkan darah yang ditumpahkan Yesus di kayu salib.

Meskipun alasan-alasan ini dapat memberikan wawasan tentang hubungan telur dengan Paskah, penting untuk diingat bahwa simbolisme ini berbeda-beda di seluruh dunia dan dalam tradisi Kristen yang berbeda. Kebanyakan orang Kristen melihat telur Paskah sebagai simbol kehidupan baru dalam iman mereka. DPR Kritik Kemajuan UCT di Beberapa Perguruan Tinggi Negeri dengan Penyesuaian Harga Cabai dan Telur Wakil Ketua Komisi harfam.co.id.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sah, UIN Jakarta Resmi Tuntaskan Likuidasi RS Haji
Next post Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil