Misteri Pencernaan Hewan: 7 Makhluk yang Hidup Tanpa Buang Air Besar

Read Time:2 Minute, 1 Second

JAKARTA – Banyak sekali hewan yang tidak buang air besar sepanjang hidupnya. Mereka tidak buang air besar seperti kebanyakan hewan, rupanya karena alasan mereka sendiri.

Pada hakikatnya, buang air besar sendiri merupakan proses alami pembuangan sisa pencernaan dan metabolisme dari dalam tubuh. Pengotor tersebut harus dibuang agar tidak menjadi racun dan membahayakan tubuh.

Namun, bagaimana makhluk hidup bisa bertahan hidup tanpa merusak limbah yang ada di tubuhnya?

Faktanya, banyak hal di dunia fauna yang berada di luar kesadaran manusia, dan salah satunya berkaitan dengan sistem pencernaan beberapa hewan tersebut.

Banyak dari hewan-hewan ini telah mengembangkan sistem unik dalam sistem mereka yang mencegah kebutuhan untuk buang air besar.

7 hewan yang tidak buang air besar1. Ubur ubur

Karena ubur-ubur hanya memiliki satu lubang di anggota tubuhnya, ini berarti mereka hanya makan dan mengeluarkan kotoran melalui lubang tersebut. Kotoran yang dikeluarkan ubur-ubur ini dikeluarkan setelah mereka selesai makan.

2. Spons laut. Hewan mirip terumbu karang ini mengeluarkan limbah berupa karbon yang menjadi makanan bagi organisme laut lainnya. Spons laut tidak mampu melakukan fotosintesis. Sebaliknya, mereka menyaring air yang mereka ambil ke dalam tubuh mereka.

3. Ikan Penyihir

Ikan ini, mirip dengan teripang atau belut conger, mengeluarkan sekitar satu sendok teh gula dan matriks protein yang menyebar sebagai lendir yang licin. Kelenjar penghasil lendir ini juga membantunya membuang limbah dalam tubuh.

4. Tardigrades

Spesies ini hanya buang air besar jika sudah rusak, yang hanya terjadi empat hingga dua belas kali seumur hidupnya. Selama molting, mulut mereka tertutup dan mereka tidak bisa makan. Mereka juga menghilangkan mukosa usus depan dan belakang, cakar, dan kutikula tua melalui lubang tersebut.

5. Tungau Demodex

Hewan mikroskopis yang hidup di folikel rambut manusia, terutama kelenjar sebaceous dan kelenjar folikel rambut di wajah. Tungau Demodex tidak memiliki anus sama sekali karena hanya hidup sekitar 2 minggu. Sebaliknya, mereka memiliki perut yang memanjang dengan sel-sel khusus yang besar untuk menyimpan limbah.

6. Kupu-kupu

Kupu-kupu dewasa hanya dapat memakan cairan, biasanya nektar. Mereka memiliki mulut berbentuk tabung yang memungkinkan mereka minum tetapi tidak bisa mengunyah makanan padat. Karena kupu-kupu tidak makan, mereka tidak buang air besar.

7. Lalat capung Lalat capung merupakan hewan yang tidak berumur panjang dan tidak memiliki sistem pencernaan sama sekali. Hewan-hewan ini menetas sebagai nimfa, mengalami metamorfosis dan menghabiskan sisa hidupnya sebagai ibu. Tujuan hidup lalat capung adalah untuk bereproduksi, itulah sebabnya mereka bahkan tidak memiliki mulut. Setelah kawin, jantan mati, dan betina bertelur dan mati karena kelelahan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Wajah dan Fitur Baru Suzuki GSX-250R
Next post 403