Modal 1 Bahan Dapur, Ini Cara Rebus Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis

Read Time:2 Minute, 10 Second

harfam.co.id, Ceker Jakarta tak hanya enak dijadikan lauk makan, tapi juga enak dijadikan camilan. Apalagi bahan dan bumbu cengkeh gorengnya banyak, enak banget.

Cengkih tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan. Pepaya kaya akan kolagen, yang meningkatkan kesehatan kulit, tulang, sendi dan jantung, menurut Healthline.

Mengolah cengkeh sendiri tidaklah sulit, namun kebanyakan orang membelinya dalam bentuk jadi di toko kelontong. Pasalnya, sebagian orang khawatir jika memasaknya di rumah akan membuatnya terlihat seperti ikan cakar.

Padahal, memasak cengkeh dengan cara yang benar bisa mengubah ikan menjadi daging tanpa membuang gas. Demikian tulis pemilik channel YouTube Tri Vijayanthi pada 28 April 2024.

Pertama siapkan panci yang lebih besar untuk memasak ceker ayam. Setelah itu masukkan semua cengkeh yang ingin direbus lalu tambahkan air secukupnya hingga seluruh cengkeh terendam.

Jika sudah, tambahkan dua atau tiga lembar daun salam ke dalam panci. Daun salamnya sendiri wangi dan memberi bau amis pada stik drum ayam.

Jika menambahkan daun kemangi, turunkan suhu oven. Tunggu lima menit hingga mendidih. Setelah lima menit, matikan kompor dan tutup panci.

Rebus cengkeh tersebut dengan metode 5-30-7, lalu diamkan cengkeh dalam panci tertutup selama tiga puluh menit. Meski kompor tidak dinyalakan, air mendidih pada tahap ini akan membantu memasak ceker.

Setelah setengah jam, angkat tutupnya dan masak pepaya dengan api kecil selama tujuh menit.

Setelah masak selama tujuh menit, matikan api dan tiriskan kaki ayam. Ceker ayam kekinian dijamin segar dan empuk tanpa ada ikan apa pun.

Jika sudah bersih, rendam kaki ayam dengan air jeruk nipis selama seperempat jam. Langkah ini untuk menghilangkan bau tak sedap pada kuku Anda. Setelahnya, pastikan untuk membersihkan ceker ayam dengan air. Jangan sampai terlewatkan karena tanpanya, cengkeh akan terasa pahit karena sisa perasan jeruk nipis yang menempel.

Namun memasak pepaya hingga empuk membutuhkan waktu lama dan tidak efisien. Secara umum ceker ayam perlu dimasak selama 30-45 menit agar empuk, dan tentunya banyak gas yang hilang.

Salah satu manfaat penggunaan ceker ayam adalah pencegahan patah tulang. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin memanfaatkan bagian tubuh ayam ini untuk memperoleh berbagai nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen. Nutrisi ini membantu memperkuat persendian dan mencegah patah tulang akibat penuaan.

Jika tidak suka dengan rasa jeruk nipis, bisa diganti dengan bawang putih yang dihaluskan. Oleskan secara merata pada seluruh bagian ayam yang sedang dimasak. “Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tidak perlu menambahkan garam dan merica pada bawang putihnya, bawang bombaynya tetap ada,” ujarnya.

Memasak ikan dengan jahe tidak hanya dapat menghilangkan bau amis, tetapi juga meningkatkan rasa umami pada ikan serta menghilangkan racun dan alergen pada ikan. Dengan adanya jahe, proses ini menjadi lebih mudah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 403
Next post Jendela Kokpit Retak, Pesawat Domestik Harus Putar Balik