Nggak Boleh Dihiraukan Begitu Saja, Ini 7 Penyebab Kulit Tangan Kering dan Gampang Terkelupas

Read Time:3 Minute, 39 Second

harfam.co.id, Jakarta Pasti sangat menyebalkan jika Anda memiliki kulit tangan yang kering dan tekstur yang kasar. Selain tidak nyaman, kondisi ini juga berbahaya bagi kesehatan kulit Anda jika tidak ditangani. Kulit tangan yang kering juga bisa menyebabkan kondisi menjadi merah, bersisik, dan bersisik. Jika Anda sedang menghadapi kondisi ini, tak jarang yang bertanya-tanya: apa penyebab kulit tangan mudah kering dan mengelupas?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut 7 hal yang mudah membuat kulit tangan Anda kering dan terkelupas. Selain membuat Anda lebih berhati-hati, ada baiknya juga memperhatikan beberapa faktor berikut ini karena bisa jadi merupakan tanda masalah kulit yang lebih serius.

Siapa sangka alergi bisa menjadi salah satu penyebab kulit tangan kering dan terkelupas? Dilansir dari Halodoc, beberapa jenis alergi, termasuk dermatitis kontak, akan menimbulkan reaksi alergi langsung pada kulit. Jika Anda menyentuh langsung sumber alerginya, dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada lapisan kulit. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan alaminya. Jika hal ini terjadi, maka akan muncul ruam merah pada kulit yang terasa gatal, melepuh, dan akhirnya mengelupas. 2. Kekurangan vitamin

Vitamin berperan penting dalam kesehatan tubuh. Padahal, untuk memiliki kulit yang sehat, kamu memerlukan pasokan vitamin yang cukup, lho! Nah, seperti tertulis di laman Alodokter, kulit Anda membutuhkan pasokan vitamin B3 dan B7 yang bisa membantu Anda terhindar dari ruam di telapak tangan alias telapak tangan rusak. Jika asupan vitamin B Anda tidak tercukupi, kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa masalah yang cukup mengganggu, seperti kulit mengelupas, kering atau bahkan terkelupas.

Salah satu dampak terbesar dari sengatan matahari adalah membuat kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Namun, tahukah Anda kalau sengatan matahari juga bisa membuat telapak tangan menjadi kering dan bersisik? Apalagi masyarakat yang tinggal di Indonesia pasti akrab dengan iklim yang panas, kering, dan indeks UV yang tinggi sehingga dapat merusak sel-sel kulit.

Menurut Alodokter, saat Anda terbakar sinar matahari, sistem kekebalan tubuh Anda akan bereaksi untuk menghancurkan sel-sel kulit yang rusak. Nah, proses inilah yang membuat kulit tangan Anda menjadi merah, kering, dan yang lebih parah lagi bersisik. Namun perlu diingat bahwa sengatan matahari tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari saja, namun juga karena terlalu seringnya penggunaan lampu UV, tanning bed, dan Nail Art UV Manicure.

Siapa yang pernah mendengar istilah pakaian selam? Ya, kondisi ini normal terjadi pada manusia. Menurut alodokter kondisi pergantian sel kulit dikenal dengan istilah medis “psoriasis”. Proses ini umumnya memakan waktu 1 bulan. Namun bagi sebagian orang, proses ini bisa terjadi lebih cepat, yakni dalam waktu 3-4 hari. Jadi ini adalah situasi yang harus diwaspadai. Sebab, pergantian sel yang terlalu cepat bisa menyebabkan sensitivitas kulit mengelupas di area tangan. 5. Penyakit Kawasaki

Menurut Alodokter, penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah sehingga menyebabkan peradangan parah. Kondisi ini bisa dikenali dengan munculnya ruam merah pada kulit, termasuk tangan, yang menimbulkan rasa gatal, kering, dan mengelupas. Biasanya penyakit ini terutama menyerang bayi baru lahir, namun sebagai orang dewasa pun Anda perlu berhati-hati karena kondisi ini juga bisa menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air dianjurkan untuk menjaga kebersihan. Namun, jika Anda melakukan hal ini terlalu sering, justru dapat menghilangkan minyak dan kelembapan alami kulit Anda. Menurut Alodokter, kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah mengelupas. Jadi pastikan Anda mencuci tangan dengan benar. 7. Sensitif terhadap beberapa bahan kimia

Tahukah kamu, produk rumah tangga yang biasa ada di dapur pun bisa menyebabkan kulit tangan kering dan terkelupas! Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang dikandungnya. Ada beberapa orang yang cukup kuat terhadap bahan kimia ini. Namun, tidak jarang orang memiliki kulit sensitif dan tidak bisa mentolerir hal-hal tersebut.

Menurut Halodoc, orang dengan kulit sensitif cenderung berisiko mengalami iritasi sehingga membuat kulit tangan menjadi lebih kering dan bersisik. Terutama ibu rumah tangga yang sering menggunakan deterjen, pelarut bahkan cairan pencuci piring perlu berhati-hati dengan bahan kimia yang dikandungnya.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan sumber iritasi. Selain itu, Anda juga bisa memilih deterjen dan cairan pencuci piring yang memiliki bahan lebih aman dan tidak membahayakan kulit tangan Anda.

Nah, itulah 7 hal yang bisa membuat kulit tanganmu mudah kering dan mengelupas. Selain mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola hidup sehat, Anda juga perlu selektif dalam memilih deterjen piring. Pastikan untuk menghindari bahan atau bahan yang keras agar tidak menimbulkan masalah kulit yang serius.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 6 Resep Bumbu Tongseng Sapi yang Enak dan Mudah Dibuat, Menu Lezat yang Wajib Dicoba
Next post Jay Idzes tak Ingin Timnas Cepat Berpuas Diri Usai Kalahkan Vietnam